Polda NTB Kerahkan Ribuan Personil Amankan Natal dan Tahun Baru

Polda NTB
PANTAU : Nampak Pemerintah Provinsi NTB dan Pihak Keamanan dari Kepolisian dan TNI pantau langsung kondisi disalah satu Gereja di Kota Mataram. Ist/Radar Lombok.

MATARAM – Kepolisian Daerah (Polda) NTB melaksanakan Operasi Lilin Gatarin (Ops Giat) 2019 dengan mengerahkan ribuan personil untuk menjaga pengamanan perayaan Natal dan pergantian tahun baru 2020 di seluruh wilayah kabupaten/kota se NTB.

Kabid Humas Polda NTB AKBP Artanto mengatakan dalam pengamanan menjelang perayaan hari Natal dan pergantian tahun baru pihaknya menggelar Ops Lilin Gatarin 2019 selama 10 hari yang saat ini sudah melakukan pengamanan sejak 22 Desember dan akan berakhir 1 Januari 2020. Dengan sasaran pengamanan mulai arus mudik balik, pangamanan perayaan Natal dan pengamanan pergantian tahun baru.

“Lokasi-Lokasi yang menjadi fokus pangamanan yakni tempat wisata, gereja, jalur jalan raya, pusat keramaian masyarakat, terminal, pelabuhan, bandara. Personel polri yang dilibatkan 1.114 orang disebar di 22 lokasi pos pangaman dan 12 lokasi pos pelayanan,” sebutnya.

“Ops Giat fokus saat ini pangamanan giat gereja, diawali sterilisasi lokasi dan barang bawaan jemaah saat memasuki gereja agar ibadah berjalan aman dan lancar,” sambungnya.

Lebih lanjutnya, Artanto yang belum lama ini dilantik menjadi Kabid Humas Polda NTB mengantikan posisi Kombes Pol Purnama, yang dipromosikan menjadi Widyaiswara Muda Sespimmen Sespim Lemdiklat Polri TTK, di Lembang, Jawa Barat dan AKBP Artanto sebelumnya menjabat Kabagbinops Roops Polda Jateng mengatakan pos pengamanan tersebar di seluruh kabupaten/kota dimana terdapat unsur gabungan instansi terkait, Dishub, PMI Sat Pol PP, Damkar dan lain sebagainya.

“Untuk pos layanan berada di lokasi terminal, pelabuhan, bandara, pusat perbelanjaan dan lain-lain,” ujarnya.

Ketika ditanya masalah kondisi kamtibmas di wilayah NTB secara keseluruhan menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun baru, Artanto menegaskan masih terpantau aman dan kondusif.

“Untukk saat ini kondisi kamtibmas di wilayah NTB masih kondusif aman dan terkendali,” tegasnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tetap menjaga kondusifitas serta menjalin toleransi umat beragama. saling hormati dan hargai umat yang sedang melaksanakan peribadatannya dan Polri beserta aparat keamanan lainnya siap memberikan pengamanan.

“Kepada umat Kristiani yang menjalankan ibadah silahkan melaksanakan kegiatannya. Polda NTB beserta jajaran siap dan selalu menjaga masyarakat, agar dapat beribadah dengan aman nyaman dan tenang,” imbuhnya. (sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid