Polda akan Bentuk Polres Khusus KEK Mandalika

Irjen Pol Mohammad Iqbal (M HAERUDDIN/RADAR LOMBOK)

PRAYA – Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal merancang strategi pengamanan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika sesuai arahan Kabaharkam Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto. Polda merencanakan agar Polres Lombok Tengah naik tipe dari tipe C menjadi tipe B.

Tidak hanya Polres Lombok Tengah, namun direncanakan akan ada polres khusus di KEK Mandalika. Sehingga nantinya ada dua polres di Lombok Tengah. Semua untuk memaksimalkan berbagai pengamanan di wilayah tersebut. Terlebih kedepan akan ada berbagai event nasional dan internasional di tempat tersebut. Dan, dalam waktu dekat ini  akan dilaksanakan event balap motor internasional FIM MOTUL Superbike World Championship atau WSBK. “Konsep pengamanan sudah saya siapkan, nanti ke depan status Polres Lombok Tengah mungkin akan dinaikan. Karena lingkungan strategisnya sudah naik, tentunya potensi kerawanan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) juga jelas semakin besar,” ungkap Kapolda NTB, Irjen Pol Mohammad Iqbal saat menghadiri acara di Kantor Bupati Lombok Tengah, Rabu (1/9).

BACA JUGA :  Pakai Jaket Bergambar Palu Arit, TKW Diamankan

Dengan naiknya status Polres Lombok Tengah, maka ke depannya pangkat kapolres yang kini dijabat AKBP akan dijabat oleh Kombes. “Termasuk jumlah anggota juga akan bertambah kalau sudah naik tipe. Saya juga akan konsepkan kalau misalkan disetujui, bahwa di KEK Mandalika sendiri, ada polres tersendiri atau polres khusus di luar Polres Lombok Tengah,” tambahnya.

Sementara itu, Wakapolres Lombok Tengah, Kompol I Ketut Tamiana menyatakan, rencana naik tipe ini sudah lama diusulkan. Dari polres juga sudah menyiapkan berbagai hal untuk mendukung rencana tersebut. Ke depan jika sudah naik tipe maka jumlah personel yang saat ini sekitar 929 orang, maka akan ditambah menjadi ribuan. “Jika sudah naik tipe, maka secara otomatis akan ada penambaan sumber daya hingga menjadi 1000 lebih dan sekarang usulan ini sedang ditelaah. Untuk rencana akan ada polres di KEK Mandalika juga masih sedang mencari nantinya kira-kira di mana lokasi atau lahan yang disiapkan. Yang jelas kalau naik tipe, maka kapolres dijabat Kombes dan wakapolres dipegang oleh pangkat AKBP,” terangnya. (met)

BACA JUGA :  Puncak Bau Nyale Ditetapkan Hari Ini