Pokdarwis Alam Asri Jelenga Raih Penghargaan ISTA 2019

Mitra Binaan Amman Mineral

POKDARWIS: Ketua Pokdarwis Alam Asri Jelenga, KSB, saat menerima penghargaan ISTA dari Kemenparr di Jakarta, Kamis malam (27/9). (amman mineral for radarlombok.co.id)

MATARAM —Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri mendapatkan penghargaan “Indonesia Sustainable Tourism Award” (ISTA) Tahun 2019 dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, untuk kategori Pemanfaatan Ekonomi untuk Masyarakat Lokal yang diserahkan, Kamis malam (26/9/2019), di Hotel The Ritz Carlton, Jakarta.

Pokdarwis Alam Asri merupakan salah satu kelompok kerja binaan Amman Mineral Nusa Tenggara (“Amman Mineral”) melalui pengembangan obyek wisata Pantai Jelenga, di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pokdarwis Alam Asri terpilih sebagai salah satu pemenang dari total 5 pemenang lainnya, karena dinilai memiliki program pelestarian lingkungan dan pembangunan destinasi wisata berbasis masyarakat. Pokdarwis Alam Asri juga menjadi satu-satunya peserta dari Pulau Sumbawa yang masuk dalam nominasi penghargaan ISTA, di antara 362 peserta lainnya dari seluruh Indonesia.

“Selamat kepada Kelompok Sadar Wisata Alam Asri atas penghargaan dari Kemenpar. Kami turut bangga dengan prestasi yang berhasil diraih dan menjadi penyemangat untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi kemajuan KSB,” kata Syarafuddin Jarot, Senior Manager Social Responsibility Amman Mineral, dalam keterangan pers yang diterima Redaksi Radar Lombok, Jumat kemarin (27/9/2019).

Menurut Jarot, pembinaan Pokdarwis Alam Asri merupakan salah satu bentuk sinergi program pengembangan masyarakat yang dilakukan oleh Amman Mineral bersama Pemerintah KSB di bidang pariwisata.

Amman Mineral membantu pembinaan Pokdarwis Alam Asri ini melalui penyediaan berbagai fasilitas wisata di Pantai Jelenga, modal kerja, serta pendampingan dan penguatan kapasitas pengelola melalui pelatihan manajemen usaha pariwisata. Sementara itu, penguatan kelembagaan Pokdarwis dilakukan oleh Dinas Pariwisata KSB.

“KSB sangat kaya akan beragam potensi wisata, termasuk pantai-pantai dengan keunggulan tersendiri. Kami berharap agar potensi kekayaan alam yang ada ini mampu memberikan manfaat maksimal bagi kemajuan pembangunan di Sumbawa Barat,” tambahnya.

“Indonesia Sustainable Tourism Award” (ISTA) merupakan penghargaan dari Kemenpar untuk destinasi yang telah menerapkan sistem pariwisata berkelanjutan. Ajang ISTA diselenggarakan oleh Kemenpar untuk ketiga kalinya pada tahun ini, dan terbuka untuk seluruh pengelola destinasi pariwisata, baik pengelola kawasan, agen perjalanan, penyedia jasa, yayasan, maupun masyarakat lokal. (gt)

Komentar Anda