PNM Melatih 100 UMKM Manfaatkan Pemasaran Berbasis Digital

pnm Cabang Mataram
Para pelaku UMKM Lombok saat mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas usaha untuk pemasaran secara digital.

PRAYA – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) semakin aktif melakukan pemberdayaan melalui program pelatihan yang diberikan kepada pelaku Usaha MIkro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Lombok. PNM Cabang Mataram memberikan pelatihan digital entrepreneurship kepada 100 UMKM yang merupakan nasabah PNM ULaMM yang berasald ari ULaMM Unit Praya dan Mataram, serta Mekaar dari Cabang Pujut 2 dan Pujut 3 di Hotel Raja, Kuta Mandalika selama dua hari, yakni 23-24 Juni 2022.

Pelatihan digital entrepreneurship bagi UMKM di Lombok tersebut dihadiri Pimpinan PNM Cabang mataram Darwis Hari Pondang, dan menghadirkan narasumber Farini Wanda, Adhania Andika Prayudanti, Benyamin Pintakhari dan Siska Armawati Sufa.

“Kegiatan ini merupakan program pemberdayaan yang dirancang melalui Program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) bagi UMKM nasabah PNM Mekaar dan ULaMM,” kata Pimpinan PNM Cabang Mataram Darwis Hari Pondang, Jumat (24/6).

BACA JUGA :  Mekaar Hadir Menghadang Rentenir

Dikatakan Darwis, PNM PKU bekerja sama dengan Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) untuk memberikan pelatihan dengan tema sosialisasi terkait pentingnya teknologi digital bagi UMKM melalui Digital Enterpreneurship Academy (DEA).

“Pelatihan ini sangat bermanfaat sehingga nasabah PNM diajarkan langsung bagaimana melakukan pemasaran secara online,” ucapnya.

Selanjutnya, pelatihan ini juga mengajarkan bagaimana melakukan pengelolaan keuangan secara digital sehingga usaha nasabah PNM ULaMM dan Mekaar terus berkembang dan bisa meningkatkan kinerja usahanya.

Darwis menyebut, PNM melalui program PKU memberikan pelatihan yang bersifat pendampingan antar PNM dengan nasabah dengan tujuan mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengetahuan dengan pentingnya digitalisasi yang bisa menambah kesejahteraan keluarga sehingga nasabah PNM naik kelas.

BACA JUGA :  PNM Berikan Literasi Keuangan Bagi Nasabah PNM Mekaar Mataram

“Selain itu, kegiatan ini juga mendukung para nasabah agar usaha nya terus berkembang pesat di pasar online, sehingga pemasaran nya semakin luas,” katanya.

Sebagai informasi, hingga 23 Juni 2022 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 130,75 T kepada nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 11,970 juta nasabah. Saat ini PNM memiliki 3.498 kantor layanan PNM Mekaar dan 688 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 34 Provinsi, 422 Kabupaten/Kota, dan 5.640 Kecamatan. (luk)