PLTD Paok Motong Lombok Timur Terbakar

Kebakaran terjadi di PLTD Paok Motong Lombok Timur, Selasa (16/3/2021) pagi. (IST/RADAR LOMBOK)

SELONG–Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Paok Motong, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Lombok Timur, terbakar Selasa (16/3/2021) sekitar Pukul 09.30 WITA. Titik api diketahui muncul dari alat bantu mesin pemanas MFO (Marine Fuel Oil).

Kepala Seksi Pemadam Kebakaran (Damkar) Lombok Timur Helmy Eka Saputra menjelaskan, kebarakan ini dimulai saat mesin bantu pemanas MFO mengalami kebocoran pada saluran knalpot mesin. “Kebakaran ini diduga kuat akibat adanya kekebocoran, sehingga menimbulkan api keluar dan membakar mesin,” katanya.

BACA JUGA :  Lagi Nyapu Depan Rumah, Guru Honor Ini Injak Granat, Untung Tak Meledak

Saat Damkar datang, api sudah besar. Sedikitnya 5 armada dikerahkan dibantu satu mobil suplai air.  Butuh waktu sejam memadamkan. “Sekarang api sudah padam, tinggal PLTD melakukan perbaikan terhadap mesin-mesin yang terbakar,” katanya.

Manajer Bagian Operasi dan Pemeliharaan Pembangkit Listrik PLN Lombok Santoso mengatakan, akibat adanya kebakaran ini, terjadi  kerusakan pada mesin alat bantu pemanas MFO. Diperkirakan dapat beroperasi kembali seminggu ke depan.

BACA JUGA :  Mobil Hasil Perampokan Pecah Ban, Akhirnya Ditinggal Lalu Kabur

Namun dipastikan, kerusakan salah satu mesin ini tidak terlalu berpengaruh terhadap suplai listrik di Lombok Timur, karena mesin yang terbakar bukan mesin utama. Jumlah daya yang dihasilkan PLTD Paok Motong 8 MegaWatt (MW), sedangkan kapasitas PLN 328 MW. “Sekarang sudah aman terkendali. Tinggal melakukan perawatan terhadap komponen-komponen yang rusak,” katanya. (wan)