PKL Akhirnya Dibolehkan Jualan di Taman Selong

SELONG—Meski sebelumnya Kepala Kantor Kebersihan (KKTK), Mulki bersikeras melarang para Pedagang Kali Lima (PKL) berjualan di sekitar Taman Kota Selong pada saat Hultah NWDI Pancor. Namun kebijakan tersebut ternyata hanya  sekedar gertak sambal saja. Setelah para PKL memprotes dan mengadukan persoalan ini ke Bupati Lotim. Para PKL pun akhirnya diberikan izin untuk berjualan di sekitar area taman.

Izin berjualan itu hanya diperbolehkan di sepanjang trotoar yang mengelilingi taman tersebut. Sementara di dalam taman dan jalan utama tetap tidak diperbolehkan. Jika itu dilanggar, para PKL dipastikan akan dikenakan denda, bahkan pidana.

Kepala KKTK, Mulki mmengatakan, kebijakan memberikan izin berdagang di trotoar taman, karena mempertimbangkan kemungkinan terjadinya gejolak. Itu juga dibarengi dengan izin yang diberikan bupati. Inilah yang menjadi dasar para PKL ini diberikan izin untuk berjualan. “Saya memang sempat ngotot melarang. Tapi setelah dipertimbangkan, maka diberikan izin,” katanya Kamis (4/8).

Para PKL ini katanya, hanya diperbolehkan berjualan diatas trotoar saja. Sementara dilokasi lain di sekitar taman, seperti jalan raya sama sekali tidak diperbolehkan. Ini berdasarkan kesepakatan antara para pedagang dan unsur terkait, seperti kepolisian, kecamatan, termasuk kepala lingkungan. “Sepanjang kiri kanan, depan dan belakang taman, berdagang di trotoar diperbolehkan. Ini perintah langsung dari Pak Bupati,” ungkapnya.

Setelah diberikan kesempatan berdagang tersebut, para PKL diminta untuk mematuhi ketentuan yang berlaku. Jangan sampai ada yang dilanggar. Selain itu, para pedagang juga diingatkan agar jangan sampai merusak keindahan taman, seperti membuang sampah sembarangan dan lainnya.

Sementara bagi para pengunjung sama sekali tidak ada larangan bagi mereka untuk masuk ke dalam taman. “Terkait dengan sewa kita tidak tau. Kita hanya sebatas mengamankan saja,” pungkasnya. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid