PKB Lobar Gelar Uji Kelayakan Bacaleg

UJI : Para Bacaleg dari partai PKB sedang diuji oleh para penguji UKK yang sudah di siapkan oleh DPC PKB Lombok Barat. (Fahmy/Radar Lombok)

GIRI MENANG – Bakal calon anggota legislatif ( Bacaleg ) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjalani Uji Kelayakan dan Kepatutan ( UKK) yang dilaksanakan oleh DPC PKB Kabupaten Lombok Barat, Kamis (16/3).

UKK diikuti sekitar 45 orang bacaleg. Mereka nantinya akan bertarung di Pemilu 2024 untuk menjadi anggota DPRD Lombok Barat.

Ketua DPC PKB Lobar TGH. Khudari Ibrahim menjelaskan, UKK ini digelar untuk mendapatkan informasi, kapasitas, kapabilitas dari masing-masing bacaleg yang sudah mendaftarkan diri menjadi caleg dari PKB. Ia mengatakan UKK ini sebagai upaya pengenalan Bacaleg untuk menjadi caleg, kemudian menjadi kesempatan untuk menyatukan persepsi dan  menjadi kesempatan juga dari partai dalam melakukan pengamatan kepada masing-masing bacaleg terhadap keseriusan bacaleg untuk menjadi caleg.”Setelah mereka UKK nanti kita rumuskan rangkaian strategi untuk action menghadapi pileg 2024 mendatang,” katanya saat ditemui kemarin.

Kemudian tujuan lain UKK ini adalah untuk melihat bagaimana kesiapan dan kelengkapan bacaleg dalam melengkapi tuntutan regulasi yang ada sekarang ini untuk menjadi caleg. “ Seperti berkas, berkas dan persyaratan lainnya, meskipun belum dikeluarkan oleh KPU, kita tidak ingin mengulur waktu, jadi lebih cepat lebih baik, ” tegasnya.

Baca Juga :  Laporan Caleg PKS Abu Bakar Tidak Ditindaklanjuti

Sehingga jika ada kekurangan, para caleg bisa melakukan perbaikan berkas administrasinya, karena pasti ada kekurangan. “ Jadi lewat UKK kita bisa melihat langsung, mendengar, visi-misi, pemaparan program serte strategi dari masing-masing bacaleg untuk mendapatkan suara,” paparnya.

Bahkan dari UKK yang sudah dilakukan terhadap sebagian bacaleg yang sudah di uji, para peserta menyampaikan berbagai macam program dan menunjukkan semangat juang, loyalitas mereka sebagai bacaleg dari partai PKB. Dari pemaparan yang sudah disampaikan oleh peserta menjadi dasar dari DPC untuk melakukan perencanaan menghadapi Pemilu nanti. Karena DPC tentunya memiliki standar dan juklak dan juknis yang harus dilalui oleh bacaleg.”Kita dalami kemampuan dan potensi masing-masing bacaleg, kemudian nanti buat peta potensi bacaleg kita, kekurangan dan kelebihan dimana,” papar anggota DPRD Lombok Barat ini.

Baca Juga :  Bawaslu Antisipasi Money Politik di Kampanye Tatap Muka

Karena pada pemilu 2024 mendatang, target PKB adalah para pemilih muda, pemilih milineal generasi Z, sehingga untuk bisa meraih itu, sebagian besar bacaleg yang sudah mendaftarkan diri adalah bacaleg yang tergolong masih muda, yang nantinya bisa merangkul dan mendapatkan suara para pemilik muda dan generasi Z atau kaum milenial.

Dalam UKK ini, DPC PKB menguji para bacaleg dengan materi tentang kepartaian wawasan kebangsaan, dan komitmen kepartaian dimana penguji berasal dari satu penguji eksternal dan akademisi yaitu Prof. Dr. Mutawalli.

kemudian dua orang penguji internal PKB yaitu dari Lembaga Pemenangan Pemilu ( LPP) DPW PKB Muhammad Danang Ari Sukra, dan Ketua DPC PKB Lombok Barat.

Ditegaskan Khudari, pada pemilu mendatang, target PKB semua kursi di lima dapil di Lombok Barat bisa terisi, dan bisa mendapatkan kursi pimpinan DPRD Lombok Barat. ” Target kami memenuhi semua dapil, sehingga fraksi penuh dan mendapatkan kursi pimpinan DPRD, ” tegasnya.(ami/Adv)

Komentar Anda