PKB Buka Penjaringan Balon Kada April

PENJARINGAN: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) NTB siap menjaring kandidat gubernur di awal April nanti (Dok/Radar Lombok)

MATARAM–Tak mau ketinggalan kereta, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berencana awal April membuka penjaringan atau pendaftaran bakal calon kepala daerah di Pilkada NTB 2018.

Ketua DPW PKB Provinsi NTB, Lalu Irfan Hardian mengungkapkan, sesuai instruksi dan arahan dari DPP PKB bahwa daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018 harus segera membuka pendaftaran bakal calon (balon) di Pilkada NTB. Namun dikarenakan, DPW akan dilantik pada akhir Maret ini, maka pihaknya akan membuka pendaftaran balon kepala daerah pada awal April.

“Usai kita dilantik akhir Maret, langsung awal April kita buka pendaftaran,” katanya, kepada Radar Lombok, Kamis kemarin (9/3).

Dengan dibuka pendaftaran balon kada di PKB, maka semua tokoh-tokoh terbaik di NTB berhasrat dan berminat maju dalam suksesi di Pilkada NTB diberikan kesempatan dan keluasaan menggunakan partai tersebut.  “Kita persilahkan siapa saja mau mendaftar,” imbuhnya.

[postingan number=3 tag=”politik”]

Kendati, awal April membuka pendaftaran atau penjaringan, tapi pihaknya sudah menggandeng lembaga survei untuk melaksanakan survei internal terkait tokoh-tokoh yang memiliki tingkat elektibilitas dan kans maupun potensi kemenangan di Pilkada NTB. Tujuan untuk mengetahui pemetaan kandidat memiliki kans atau potensi kemenangan di Pilkada NTB.

Hasil survei tersebut, lanjutnya, menjadi acuan dan pedoman bagi PKB dalam memutuskan dan menentukan arah dukungan di Pilkada. “Pekan ini sudah mulai survey,” ucapnya.

Dari hasil survei itu pula, pihaknya ingin mengetahui potensi elektibilitas atau daya keterpilihan kader-kader PKB yang ingin maju di Pilkada. Baik di Pilkada NTB maupun pilkada kabupaten kota. Misalnya, di Pilkada Lotim kader PKB Najamuddin Mustapha sudah menyatakan kesiapan maju dalam suksesi di Pilkada Lotim.

PKB pun akan memberikan prioritas kepada kader terbaik didukung dan diusung. Namun itu semua harus dilihat kans atau potensi kemenangan kader tersebut. Andai memiliki tingkat elaktabilitas tinggi, serta punya kans menang. Maka PKB akan memperjuangkan kader tersebut untuk dijagokan sebagai kepala daerah.

“Tentu dong, setiap parpol berharap kader terbaik maju di Pilkada NTB,” ucapnya.

Terkait PKB bakal menyodorkan kader terbaik sebagai bakal calon wakil Gubernur, ia tak menampiknya. Ia mengatakan, sudah ada aspirasi dan dukungan dari kader maupun pengurus agar PKB menyodorkan kader sebagai bacawagub pendamping bacagub sudah ada. Namun secara resmi hal tersebut belum dibicarakan dan dibahas dalam rapat formal di partai.

“Semua aspirasi dan dukungan kita tamping,” ucap ketua partai berlatar belakang pengusaha tersebut.

Tak ditepis pula, sejumlah bacagub sudah bersilaturahmi dan membangun komunikasi politik dengan PKB. Namun, PKB memiliki prosedur tetap (protap) dan  makenisme internal berlaku dalam mengusung calon kepala daerah. Oleh sebab itu, pihaknya sangat terbuka kepada semua pihak mau bersilaturahmi dan membangun komunikasi politik. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid