Pipa Bocor, Pelanggan Keluhkan Distribusi Air

Bocor :Pipa PDAM yang ada di Jalan Gajah Mada Bocor, akibatnya distribusi air ke Jempong dan Terong Tawah terganggu (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM– Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Gir Menang  mengeluhkan pelayanan PDAM terutama distribusi air ke konsumen. Pasalnya belakangan ini distribusi air yang diterima pelanggan sering terganggu seperti air yang kecil dan alirannya tidak bagus dan tersendat.

Seperti yang dialami warga masyarakat yang ada di desa Trong Tawah Kecamatan Labuapi Lobar belakangan ini  distribusi air yang mengalir ketempat terganggu. Akibatnya meskipun pada malam hari kadang tidak ada air yang mengalir. " Airnya mulai ngalir pada jam 10 malam baru ada airnya," kata Imam kepada Radar Lombok (2/2) kemarin.

Kondisi ini sudah sering terjadi untungnya warga yang memasang pipa PDAM juga masih menggunakan sumur sehingga tidak sepenuhnya mengandalkan air yang dari PDAM untuk memenuhi keperluan sehari-hari. Namun ketika pelayanan seperti ini kadang tidak dibarengi dengan pengertian dari pihak PDAM karena ketika keterlambatan pelanggan langsung ditegur tidak boleh nunggak pembayaran air.

[postingan number=3 tag=”pdam”]

Tidak hanya di Lombok Barat belakangan ini air juga tersendat meski di tengah kota. Air mulai tidak datang pukul 05.00 sampai pukul 12.00. Nanti hilang lagi dari pukul 15.00 Wita sampai pukul 20.00 Wita. Kalau pun ada,airnya kecil sekali dan keruh. Akibatnya ini mengganggu aktivitas warga termasuk untuk ibadah.

Baca Juga :  Soal PDAM, Ahyar dan Mohan tak Kompak

Di sisi lain tarif PDAM semakin mahal,apalagi ada sistem denda yang sudah diberlakukan oleh pihak PDAM. Sedangkan kenaikan tarif PDAM sudah mulai diberlakukan pada awal tahun 2017 lalu sebesar 20 persen.

Sementara itu di lokasi terpisah Direktur Utama PDAM Giri Menang Mataram H.Lalu.Ahmad Zaini mengatakan keterlambatan atau terganggunya distribusi air kepada pelanggan itu terjadi karena ada kendala teknis di lapangan. misalnya untuk di.Lombok Barat seperti yang di desa Trong Tawah beberapa hari ini sedang ada terjadi perbaikan yakni pemindahan saluran karena menggunakan pipa baru." Ini hanya karena kendala teknis saja yang saat ini sedang dalam tahap perbaikan," kata Zaini.

Seperti saluran air yang ada BTN Kodya Ada Jempong Kota Mataram dan  Desa Trong tidak masuk  jalur yang dipindahkan tepingnya ke pipa baru melalui bundaran gajah mada yang airnya dari pipa baru tapi rabu kemarin kebocoran 2 titik.

Baca Juga :  PDAM Lotim Segera Uji Coba Mesin Penyulingan Air

Kebocoran juga terjadi di Desa Badrain dan Karang Genteng, pada hari  kamis  juga ada yang bocor satu titik dan hari ini bocor 2 titik lagi." Secepatnya pihak dari PDAM akan segera melakukan perbaikan agar pelayanan distribusi air bisa normal lagi," tegasnya.

Seperti yang sudah dilakukan hari ini petugas dari PDAM sudah menangani gangguan yang ada di Jalan  Sunan Ampel Kompleks BTN Kodya Asri. Di kawasan ini rata rata tersumbat dimeteranya. Pihak  PDAM  sudah memasang pipa paket cuman ada saja benda asing masuk satu dua ke meteran konsumen. sehingga petugas perlu membuka pipa nya satu persatu tiang buka agar benda yang menghalangi bisa segera dikeluarkan. "Penyumbatan nya berupa batu apung dan dedaunan, hari ini sudah normal kembali," ungkapnya.(ami)

Komentar Anda