Pilkada, PAN Ajak Nasdem Koalisi

MATARAM — Menyonsong pertarungan pilkada NTB 2018 tak hanya diramaikan dengan figur bakal calon gubernur dan bakal calon wakilnya. Namun juga mulai diramaikan penjajakan di antara partai politik untuk berkoalisi memenangkan pertarungan perebutan kursi orang nomor satu dan nomor dua di NTB.

Ketua umum DPP PAN, Zulkifli Hasan melontarkan sinyal ingin berkoalisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dalam suksesi pilkada NTB. Lontaran tersebut disampaikan langsung Zulkufli Hasan kepada ketua DPW Partai Nasdem NTB, Muhammad Amin, yang juga Wakil Gubernur NTB kala melantik pengurus PAN se-NTB, Jumat (26/9) lalu.

Terlebih, PAN dan Partai Nasdem ditingkat pemerintah pusat berkoalisi dan mitra strategis dalam mendukung dan mengawal pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Diharapkan, koalisi sudah terjalin ditingkat pemerintah pusat bisa dilakoni dan dipertahankan hingga ditingkat pemerintah daerah. Tak terkecuali dalam suksesi pilkada NTB 2018.

"Saya berharap PAN dan Partai Nasdem bisa sehati dan seirama (koalisi, Red) dalam pilkada NTB 2018 nanti,” ujar ketua MPR RI itu, kemarin.

Dia mengatakan, memang terlalu cepat memberikan sinyal kemungkinan koalisi di pilkada NTB. Namun masih ada banyak waktu untuk terus menjalin komunikasi guna mempersiapkan dan mematangkan koalisi di kedua parpol tersebut.

Menurutnya, PAN dan Partai Nasdem memiliki banyak kesamaan dan kecocokan. Misalnya, kedua parpol dilahirkan pasca reformasi, dan lain sebagainya.

Sehingga hampir dipastikan tidak ada kendala dan hambatan bagi kedua parpol untuk berkoalisi di pilgub NTB. "PAN dan Nasdem memiliki banyak kesamaan. Bendera saja hampir sama, didominasi warna biru," ucap mantan Menteri Kehutanan era Presiden SBY – Boediono itu.

Lontaran sinyal koalisi di pilgub NTB dari ketua umum DPP PAN, Zulkifli Hasan disambut tangan ketua umum DPW Partai Nasdem NTB, Muhammad Amin. Tanpa berfikir panjang, Amin sambil menyampaikan guyonan ringan tentang warna partai yang menaunginya sekarang bernuansa sama biru.

“Sekarang kita sama-sama biru. Menjadi warna dasar bagi kedua parpol,” ucap Amin di hadapan Zulkifli Hasan dan jajaran Pengurus dan kader PAN se-NTB.

Meskipun  dengan gaya khasnya, Amin menjawab secara diplomatis. “Kita tunggu dan lihat saja nanti,” lugasnya.

Meski begitu, Amin mengatakan, koalisi PAN dan Partai Nasdem sudah terjalin di pemerintah daerah. Terbukti, Partai Nasdem dan PAN adalah dua parpol mendukung pemerintahan TGB-Amin. Kader PAN di legislatif sudah banyak memberikan kontribusi dan berperan aktif dalam mendorong percepatan pembangunan di daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Amin berharap, PAN seperti Partai Nasdem tetap menjadi mitra strategis dan konstruktif bagi pemerintahan TGB- Amin. "Kebersamaan (Partai Nasdem-PAN) bisa kita pertahankan kedepan,” pungkasnya. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid