Pilkada NTB 2018, Semua Mengaku Bersahabat

pilkada NTB 2018
KOMPAK : Kapolda NTB, ketua KPU NTB dan empat bakal calon (balon) gubernur terlihat kompak saat menghadiri acara silaturahmi di Mapolda NTB, Jumat malam (9/2). (Ali Ma'shum/Radar Lombok)

MATARAM — Empat bakal calon (balon) gubernur  dan wakil gubernur yang bakal bertarung dalam pilkada NTB 2018 menghadiri silaturahmi TNI/Polri bersama alim ulam dan tokoh masyarakat di kediaman Kapolda NTB, Jumat malam (9/2).

Kehadiran empat calon kada NTB ini di kegiatan dan satu lokasi yang pertama kalinya. Bakal cagub TGH H Ahyar Abduh hadir pertama kali. Disusul oleh bakal cagub H Suhaili FT. Sedangkan bakal cagub H Mohammad Ali Bin Dachlan (Ali BD) dan bakal cagub Dr Zulkieflimansyah datang ketika acara sudah dimulai.

Keempat bakal cagub ini mulai saling menyapa. Mulai dengan TGH Ahyar Abduh yang mendatangi dan merangkul Ali BD. Keduanya nampak akrab dan saling melemparkan senyum. Kedua calon ini juga terlihat saling berbisik. Entah apa yang dibicarakan keduanya.

Tambah ramai lagi ketika Dr Zulkieflimansyah datang menghampiri keduanya. Mereka bertiga kemudian bersalaman bersama. Percakapan langsung dimulai oleh Ali BD yang mencairkan suasana. Ia langsung melontarkan candaan yang membuat hadirin tertawa. “ Ini lawan saya. Kan kita musuh,’’ ujarnya dengan nada bercanda.

Candaan ini langsung ditimpali oleh TGH Ahyar Abduh. “ Anda musuh saya ya,’’ katanya yang membuat acara menjadi lebih hangat. Sedangkan Dr Zulkieflimansyah tidak ketinggalan memberikan senyuman khasnya mendengar candaan itu. Ketiganya lantas berangkulan ketika diminta oleh wartawan. Riuh tepuk tangan hadirin menggema ketika momen langka ini terjadi.

Sebagai tuan rumah, Kapolda Brigjen Pol  Firli berinisiatif memanggil bakal cagub Suhaili FT dan ketua KPU NTB Lalu Aksar Ansori. Setelah itu, Kapolda mengajak keempat bakal cagub ini naik ke atas panggung. Tanpa dikomando, keempat bakal cagub ini kompak saling rangkul.  Empat  bakal cagub ini saling memegang tangan. “’ Kami semua berteman. Tidak ada masalah,’’ ungkap Dr Zulkieflimasnyah.

Sedangkan Ali BD mengatakan, momen bergandengan tangan itu hal yang biasa. “ Biasa saja, kita semua bersahabat. Berteman bergandengan hal yang biasa,’’ kata Bupati Lombok Timur ini.

H Suhali FT juga mengatakan hal yang sama. Secara khusus, ia meminta pilkada nanti berjalan dengan tertib. ‘’ Mari kita ikuti event pilkada ini dengan saling menghormati. Karena semua diberikan hak berdemokrasi,’’ ungkapnya.

Kapolda NTB Brigjen Pol Firli bersyukur acara tersebut dihadiri oleh keempat cagub NTB. “ Mereka bersalam-salaman bergandengan tangan. Juga dengan KPU. Mereka mengatakan kita akan sukseskan pilkada ini tanpa konflik,’’ tuturnya optimis.

Ditambahkan, silaturahmi ini sengaja digelar bertujuan untuk mewujudakn pilkada NTB yang aman, tertib, damai dan demokratis. “  Alhamdulillah empat bakal calon gubernur dan wakilnya semuanya hadir. Baik yang diusung oleh partai politik maupun jalur perseorangan. Saya senang,’’ ujarnya.

Kehadiran keempat bakal calon gubernur NTB ini merupakan kegembiraan semua pihak. Hal ini bisa menggambarkan tidak adanya benih-benih konflik di NTB. ‘’ Mereka sudah mulai bagaimana menyiapkan diri untuk mencalonkan diri,’’ katanya.

Khusus kepada para calon, dirinya menyampaikan, siapapun nantinya yang terpilih sebagai peminpin di NTB, maka itulah yang terbaik dan dikehendaki oleh masyarakat untuk menakhodai NTB lima tahun kedepan. “ Sekarang kita bangun komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat. juga dengan seluruh partai politik, KPU, Panwaslu, TNI dan Polri. Sama-sama menjadi satu dalam satu barisan mensukseskan pilkada ini berjalan dengan aman, adil dan demokratis. Sehingga betul-betul orang itu bisa  memberikan suaranya. Tidak hanya hadir, tetapi memberikan dukungan,’’ ungkapnya.

Ditambahkan, dirinya tidak memiliki rahasia atau trik apapun karena berhasil menghadirkan empat bakal calon gubernur yang nantinya akan bertarung ini. ‘’ Satu saja keinginan kita bahwa kita ini adalah satu. Dan mungkin para calon juga melihat ketulusan kita. NTB sudah sangat aman dan nyaman. Jadi jangan karena ada pilkada terus kita konflik lagi,’’ pungkasnya. 

Wakil Gubernur NTB H Mohammad Amin mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh Polda NTB ini. “ Ini sangat baik sekali. Jadi momentum untuk silaturahim beserta seluruh komponen. Mudah-mudahan ini bisa menjadi tradisi dan budaya kita setiap menggelar pilkada kedepan. Intinya bagaimana pilkada ini berjalan sukses dan lancar serta demokratis dengan mentaati dan mematuhi semua peraturan yang berlaku. Saya kira itu intinya,’’ katanya.

Selain dihadiri oleh bakal calon gubernur dan wakil gubernur, acara ini juga dihadiri oleh beberapa bakal calon bupati dna  wakil bupati. Selain itu, hadir juga para ketua partai politik di NTB.(gal)

loading...