Pilkada Lotim, Gerindra Jagokan Khairul Warisin

Khairul Warisin (AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–PKS sudah menyebut akan mengusung Abdul Hadi di Pilkada Lombok Timur (Lotim) yang diperkirakan digelar 2023 atau 2024. Adapun untuk Gerindra, katanya akan mengusung Ketua DPC Gerindra Lotim Khairul Warisin. “Insyaallah Gerindra jagokan Pak Khairul Warisin sebagai Calon Bupati di Pilkada Lotim 2023,” kata Ketua DPD Gerindra NTB, Ridwan Hidayat, Selasa (23/2) kemarin.

Bukan tanpa alasan, Gerindra menjagokan mantan Wakil Bupati Lotim itu, Khairul Warisin dinilai punya elektabilitas cukup baik. Terbukti dalam Pilkada Lotim 2018, Khairul Warisin berpasangan dengan Machsun Ridwainy menempati perolehan suara terbanyak kedua dari empat paslon berkompetisi.

Baginya, Khairul Warisin sudah punya modal sosial, modal politik, dan basis dukungan. Sehingga tidak ada alasan bagi Partai Gerindra untuk tidak menjagokan Anggota DPRD NTB dapiL Lotim itu bertarung. “Semua persyaratan sudah beliau miliki sebagai calon bupati,” imbuh Anggota DPRD NTB Dapil Kota Mataram ini.

Selain itu, aspirasi dan kehendak kader serta pengurus DPC meminta agar Gerindra menjagokan Khairul Warisin. Kendati demikian, Gerindra tetap akan mengacu kepada ketentuan internal; mempertimbangkan elektabilitas figur yang dikehendaki masyarakat. “Nanti kita akan survei terkait figur calon,” tandasnya.

Sementara itu, Khairul Warisin mengatakan, dirinya tergantung kepada keputusan partai. Jika partai meminta, maka akan maju. Begitu sebaliknya. “Saya serahkan semua kepada keputusan partai,” pungkasnya. (yan)