Pilgub NTB, Hanya Tiga Paslon Berpeluang Menang

zul rohmi
TERLEMAH : Sebagai pendatang baru, paslon Zul-Rohmi menjadi yang terlemah dalam Pilgub NTB. (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Panas dingin suhu politik pemilihan kepala daerah (pilkada) NTB makin jelas terasa. Peluang kemenangan dan kekalahan pasangan calon (Paslon) pun makin kentara di mata para pengamat politik. Salah satunya di mata pengamat politik Institute Agama dan Kebudayaan (INSAN) NTB, Dr Asrin. Dia menilai, persaingan pemilihan gubernur (Pilgub) NTB sangat ketat.

Namun, dari 4 paslon yang bertarung, hanya 3 paslon saja yang memiliki berpeluang keluar sebagai pemenang. Pasalnya, terdapat tiga skenario kemenangan dalam Pilgub NTB tahun ini. Hal itu ditentukan dukungan partai, keterwakilan calon dan organisasi masyarakat (ormas) pendukung. “Persaiangan sangat ketat. Prediksi saya, tiga skenario kemenangan yang akan terjadi berdasarkan analisis rasional,” ungkap Asrin kepada Radar Lombok, Minggu kemarin (15/4).

Skenario pertama, terang Asrin, Pilgub NTB akan dimenangkan paslon nomor urut 2 TGH Ahyar Abduh dan H Mori Hanafi (Ahyar-Mori). Kemenangan paslon ini terbuka lebar karena didukung mayoritas partai politik (parpol). Ahyar-Mori juga merupakan refresentasi pulau Lombok dan pulau Sumbawa. Ditambah dukungan sejumlah ormas kepada paslon dengan ciri khas serban hitam putih ini. “Keterwakilan wilayah ini sangat kuat pengaruhnya. Makanya teman-teman Bima sangat kuat soliditas untuk nomor dua. Kalaupun skenario ini meleset, mungkin Ahyar-Mori akan berada pada urutan kedua di pilgub,” analisnya.

Skenario berikutnya, sambung Asrin, kemenangan akan diraih paslon nomor urut 1 HM Suhaili FT dan H Muhammad Amin (Suhaili-Amin). Cawagub Amin saat ini masih menjabat sebagai wagub. Itu memiliki pengaruh positif dengan popularitas dengan loyalis militan.

Diperkuat lagi posisi HM Suhaili FT sebagai merupakan Bupati Lombok Tengah. Jabatannya saat ini sangat berpengaruh di daerahnya. Suara mayoritas masyarakat Lombok Tengah, tentu akan mudah digiring memilih Suhaili-Amin. ‘’Apalagi, Suhaili juga ketua partai pemenang dan terbesar di NTB,’’ sebutnya.

1
2
3
4
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut