PHRI Bidik Wisatawan Malaysia Timur ke Lombok

CENDERAMATA: Ketua BPPD NTB, H. Affan Ahmad menyerahkan cenderamata kepada Konsulat Jenderal RI Kinabalu, Malaysia Timur, Retno Wulan, didampingi Ketua PHRI NTB, H. Lalu Abdul Hadi Faeshal di Hotel Golden Palace, Selasa malam (18/4) (LUKMAN HAKIM/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Perhimpunan Hotel dan Restauran Indonesia (PHRI) Provinsi NTB mulai membidik kunjungan wisatawan dari Malaysia Timur untuk mengunjungi Lombok. Untuk menggaet wisatawan asal Malaysia Timur, PHRI menggandeng Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu, Sabah mendatang 9 travel agen asal Kinabalu yang tergabung dalam organisasi TATO.

Promosi pariwisata Lombok dengan bidikan Malaysia Timur, Selasa malam (18/4) dilakukan jamuan makan malam di Hotel Golden Palace, Mataram. Hadir Konsulat Jenderal RI Kinabalu, Retno Wulan, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) H. Affan Ahmad, Ketua PHRI NTB, H. Lalu Abdul Hadi Faesal.

Pertemuan yang dikemas dalam Familiarization Trip (FAMTRIP) yang diikuti 9 perusahaan travel agen dari Kinabalu, Sabah, Malaysia Timur ini dimanfaatkan juga untuk temu bisnis antara travel agen Kinabalu dengan pihak hotel di Lombok.

Konsulat Jenderal RI, Kinabalu, Retno Wulan mengatakan, pihaknya akan memperjuangkan promosi pariwisata Lombok bersama sejumlah Konsulat Jenderal RI yang ada di Asia Tenggara.

Menurut Retno, perkembangan pariwisata Lombok. Sangat berkembang pesat. Komitmen pemerintah daerah dalam memajukan pariwisata Lombok juga sangat luar biasa. Hal tersebut dapat dilihat dengan kesiapan infrastruktur pendukung pariwisata, mulai dari jalan menuju obyek wisata, dan juga kesiapan hotel dalam menyiapkan tempat yang baik bagi wisatawan. “Lombok ini sangat luar biasa. Kami bersama Konsulat Jenderal RI yang ada di Asia Tenggara sudah sepakat promosikan pariwisata Lombok,” ucapnya.

Kekaguman akan keindahan alam dan berbagai destinasi wisata di Lombok termasuk kesiapan infrastruktur juga diakui salah seorang perwakilan travel agen asal Kinabalu, Sabah, Malaysia Timur, Samuel Chu. Menurut Chu, bahwa dirinya baru mendapatkan informasi akan pariwisata Lombok melalui Konsulat Jenderal RI, Kinabalu.

“Begitu saya datang melihat langsung, ternyata Lombok sangat luar biasa. Kenapa tidak dari dahulu saya tahu Lombok itu seindah ini, maka sudah lama saya bawa banyak tamu datang berwisata ke Lombok,” ungkap Samuel Chuu.

Sementara itu, Ketua PHRI NTB, H. Lalu Abdul Hadi Faeshal mengatakan Malaysia Timur menjadi bidikan serius dari PHRI untuk didatangkan ke Lombok. “Malaysia Timur potensial untuk lebih banyak berkunjung ke Lombok. Karena selama ini masih didominasi dari Malaysia Barat,” ujar Abdul Hadi. 

Dalam kegiatan Famtrip dan Busines Matching antara PHRI NTB dan Traven Agen Kinabalu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman  atau Memorandum of Understanding (MOU) antara kedua belah pihak. Dimana travel agen asal Kinabalu, Sabah, Malaysia Timur siap mempromosikan pariwisata Lombok secara All otu tentunya juga bersama Konsulat Jenderal RI Kinabalu, Malaysia Timur. “Travel agen Kinabalu siap All out promosikan pariwisata Lombok,” ujarnya.

Selain itu pula, lanjut Abdul Hadi, peluang menggaet wisatawan dari berbagai negara seperti Brunei Darussalam, Cina melalui Kinabalu, Malaysia Timur sangat besar. Peluang tersebut juga akan digunakan travel agen Kinabalu, yang tergabung dalam TATO untuk menggaet wisatawan tersebut untuk berkunjung ke Lombok. “Melalui Famtrip dan Busines Matching ini akan semakin banyak wisatawan dari Malaysia Timur datang berwisata ke Lombok!” ujarnya.

Sebanyak 9 perusahaan travel agen dan tiga orang dari Konsulat Jenderal Kinabalu berada di Lombok selama empat hari. Namun, karena terkesima dengan keindahan alam, keunikan budaya dan ramahnya sambutan warga Lombok, membuat rombongan Famtrip asal Kinabalu, Malaysia Timur memperpanjang kunjungannya di Lombok menjadi lima hari, terhitung dari kedatangannya Senin (17/4).

Selama berada di Lombok, peserta Famtrip asal Kinabalu, Malaysia Timur diajak mengunjungi sejumlah destinasi wisata, seperti Gili Trawangan, Senggigi, Kawasan Mandalika, dan sejumlah kerajinan dan pusat wisata kuliner. Selain itu juga mereka akan berkunjung ke Epicentrum Mall untuk berbelanja. (luk) 

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid