Petisi Dukung Lawan Hoax Pecahkan Rekor Muri

Petisi Dukung Lawan Hoax
TANDATANGAN : SBY, AHY dan Gubernur NTB TGH Zainul Majdi sebelum melakukan tandatangan petisi anti hoax di Jalan Udayana, Minggu kemarin (7/5). (Zulfahmi/Radar Lombok)

MATARAM –  Ribuan masyarakat Kota Mataram menandatangani petisi   melawan berita bohong atau hoax di spanduk yang sediakan oleh Partai Demokrat di Jalan Udayana Kota Mataram, Minggu kemarin (7/5).

Penandatanganan petisi ini dalam rangka Peringatan Hari Kebebasan Pers se-Dunia ( World Pers Freedom Day) dan rangkaian rapat kerja nasional (rakernas) Partai Demokrat di Kota Mataram. Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yodhoyono atau (AHY) bersama Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi juga turut  membubuhkan tandatangan petisi.

Penggalangan petisi ini disambut baik warga. Kebetulan acara ini bertepatan dengan Car Free Day (CFD).  ” Saya datang sama keluarga untuk melihat AHY dan SBY,” tutur Samsul Hadi  warga Kota Mataram ini.  Ia mendukung  program Partai Demokrat yang melawan  hoax ini.

Hal yang sama juga dikatakan warga lainnya Hariyati yang datang bersama temannya untuk bisa bertemu langsung dengan AHY. Bahkan bila perlu ia akan berusaha untuk bisa bersalaman dan berfoto  dengan AHY.” Hanya datang untuk melihat dan berfoto dengan AHY,” ungkapnya. Tidak lupa dirinyapun ikut menandatangani petisi anti hoax yang sudah disiapkan oleh panitia dari partai Demokrat. Penandatangan petisi ini berhasil    memecahkan  Museum Rekor  Indonesia (MURI) kategori penandatanganan petisi melawan hoax. Petisi ini ditandatangani 9.709 orang. Piagam diserahkan oleh Perwakilan Muri dan diterima oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat Hinca Pandjaitan.

Menurut SBY, Provinsi NTB saat ini telah bisa dikatakan maju pesat. Masyarakat  NTB juga tentu lebih sejahtera. Kepemimpinan TGB terbukti berhasil dengan perkembangan yang ada saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, SBY juga mengajak masyarakat NTB mengkampanyekan stop hoax dan fitnah serta mendukung pers yang merdeka, adil, dan bertanggung jawab. “Indonesia merupakan negara yang menjunjung keadilan, etika, dan hukum. Bukan negara kebohongan, fitnah, dan hoax. Rakyat harus perangi hoax,” imbaunya.

Ditegaskan, partai Demokrat sangat mendukung pers yang merdeka. Namun tetap bertanggung jawab dan adil. Jangan sampai pers membela pihak tertentu dan menyerang pihak lain yang berseberangan

Perwakilan dari Muri memawakili mengatakan pemcahan rekor Muri  ini bukan yang pertama diraih Partai Demokrat  namun  yang ketigakalinya.  Dalam usulan yang diusulkan oleh panitia penandatanganan petisi ini akan ditandatangani oleh  5 ribu orang. Namun setelah tim Muri melakukan pengecekan  ternyata masyarakat yang mendukung dan sudah ikut menandatangani sebanyak  9.709  tandatangan yang  menyataan  anti hoax. Rekor sebelumnya pernah dipecahkan oleh  Pemprov Kalimantan Timur dengan 3 ribu tandatangan bulan lalu. (ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid