Peternak dan Pengusaha Utamakan Sinergi

Peternak dan Pengusaha Utamakan Sinergi
MoU : Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy saat mendatangani MoU bersama tiga perusahaan dan peternak ayam di kantor Bupati, Kamis (26/9). (M. GAZALI/RADAR LOMBOK)

SELONG-Pemkab Lombok Timur menjalin kerjasama dengan PT. Mitra Sinar Jaya dan PT. Ciomas Adisatwa, serta Asosiasi Peternak Broiler Lombok. Itu ditandai dengan penandatangan MoU oleh Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy, Kamis (26/9). Kegiatan tersebut dihadiri oleh berbagai dinas terkait seperti Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perindustrian dan perdagangan (Diperindag) termasuk juga para pengusaha ternak di Lotim.

Nota kesepahaman ini menyangkut tata laksana produksi peternakan ayam pedaging berupa bibit, pakan dan pengaturan jadwal panen. Bupati Sukiman menyampaikan tentang pentingnya konsistensi untuk mencapai tujuan. Terutama berkaitan dengan hubungan industrial antara pengusaha dan peternak. Tidak ada artinya penandatanganan MoU tanpa pelaksanaan.

“Ketika sudah menandatangani sesuatu kita harus konsisten melaksanakan apa yang telah ditandatangani,” ungkapnya.

Apa yang menjadi klausul dalam nota kesepahaman tersebut lanjutnya, harus dijalankan dengan sungguh-sungguh oleh kedua belah pihak. Selain konsistensi, sinergi seluruh pihak yang terlibat juga dibutuhkan. Dijelaskan bupati, pola asah, asih, asuh harus diterapkan antara pengusaha dengan peternak. Dengan pola ini akan ada transformasi pengetahuan, seperti yang sudah dijalankan melalui pendidikan, pelatihan, kursus dan sebagainya.”Selain itu juga timbul saling melindungi, saling membela satu dengan yang lain,” ungkapnya.

Diharapkan pula penandatanganan MoU ini meminimalisir masalah yang ada sebelumnya. Melalui kerjasama ini juga diharapkan akan mampu mengembangkan usaha para peternak.(lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid