Petani Korban Banjir akan Dibantu

Ir Rendra Farid

BIMA-Petani di Kabupaten Bima yang menjadi korban banjir bandang akan mendapat bantuan. Mereka akan menerima bantuan berupa benih dari pemerintah pusat. ''Petani korban banjir akan dibantu. Pemerintah sudah menyediakan benih,'' ungkap Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Dispertapah) Kabupaten Bima Ir Rendra Farid, kemarin.

Kata dia, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) sudah mengecek langsung korban banjir. Bahkan sudah mendata jumlah lahan dan irigasi pertanian yang rusak. ''Kita kemarin sama-sama turun ke lokasi. Pihak Kementan mendata langsung lahan dan jumlah petani yang jadi korban banjir,'' sebutnya.

 Rendra mengaku, semua kerugian petani dan infrastruktur pertanian yang rusak akan ditanggung pemerintah pusat. Hanya saja kata dia, realisasi bantuan tersebut belum diketahui. ''Kita masih menunggu. Tapi yang jelas bantuan itu pasti ada,'' terangnya.

 Rendra mengatakan, jumlah kerugian petani akibat bencana itu belum diketahui pasti. Namun, lahan petani yang berada di sekitar Daerah Kawasan Sungai (DAS) dipastikan gagal panen. ''Pemerintah tidak tinggal  diam dengan musibah ini. Petani tetap akan dibantu,'' pungkasnya. (dam)