Pesona Hiasan Batu Akik Semakin Meredup

batu akik
REDUP: Pesona batu akik kian meredup di mataram mall.

MATARAM – Pesona batu Akik tampaknya sudah mulai memudar, bahkan harga jualnya pun turun drastis. Pada 2016 lalu, batu hias ini sangtalah banyak diminati banyak masyarakat, mulai dari pencinta batu hias hingga yang hanya ikutan-ikutan saja. Bahkan dijadikan ladang bisnis. 

Salah seorang penjual Batu Akik, di sekitaran Mataram Mall, Roni mengakui jika harga jual batu Akik terjadi penurunan cukup drastis, dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, ketika sedang bumingnya masyarakat pecinta batu akik. “Saat ini harga batu Akik turun dratis. Pesonanya kian meredup, penjual batu Akik pun sepi dari pembeli,” tuturnya, Selasa kemain (10/4).

Harga batu Akik yang tak lagi mengutungkan dari sisi ekonomi, lebih disebabkan batu Akik sekarang sudah jarang yang cari. Selain itu,  peminatnya hanya pencinta batu akik saja. Berbeda dengan tahun -tahun sebelumnya, tidak hanya pecinta Batu Akik, melainkan menjadi mode dan trend yang cukup digandrungi dari lapisan usia, mulai dari yang tua hingga muda, dari laki-laki hingga kaum perempuan.

Kisaran  harga batu akik  hanya Rp 35 ribu hinggaRp 500 ribu untuk satuannya. Hampir semua jenis batu akik lokal mengalami penurunan, bahkan dalam sehari, penjual batu akik tidak ada satu pun yang laku. Kendati demikian, Roni tetap berjualan,  karena dirinya menjadi salah satu pencinta batu Akik. “Karena sekarang sudah tidak nge-trend lagi, ada yang berikan teman dan ada beberapa jenis saya jadikan koleksi pribadi,” tutur Rahmat. (cr-dev)