Peserta Sail Mancanegara Terpukau Keindahan KLU

TANJUNG-Ratusan peserta sail Wonderful Indonesia II dari mancanegara singgah di Teluk Medana Desa Medana Kecamatan Tanjung, mulai 3 September 2016.

Kedatangan mereka secara bertahap menggunakan yacht atau kapal layar modern, dan rata-rata singgah selama seminggu di KLU. “Kita mengundang sebanyak 80 yacht datang ke sini, dan satu yacht itu isinya ada tiga, empat orang. Mereka menghabiskan waktu sekitar seminggu keliling Lombok Utara,” ujar Sekretaris Dinas Pariwisata, Baiq Prita S. saat menjamu para peserta dengan tarian rudat, presean dan makanan begibung di halaman Hotel Medana Bay Marina, Selasa (13/9).

Prita menerangkan, kunjungan ke KLU sendiri bukan kali pertama, namun ini pertama kali seluruh peserta yang datang menginap di hotel-hotel yang ada di KLU. Ada yang di Hotel Medana Bay Marina, yang pantai di dekatnya menjadi tempat sandar, dan sisanya menyebar pada sejumlah hotel lain di daratan Pemenang dan juga Gili Trawangan, Meno dan Air. “Kemudian beberapa di antara mereka ini juga ada yang berangkat duluan ke Bali, karena masa visanya segera habis,” terangnya.

Para peserta sendiri dijelaskan dari mancanegara, di antaranya terbanyak dari Australia, Prancis, USA, Selandia Baru dan Norwegia. Tom peserta dari California, USA mengatakan, selama beberapa hari diri KLU, dirinya sudah mengunjungi sejumlah tempat. Tom mengaku sangat kagum dengan keindahan KLU, terutama alamnya yang masih hijau. “Alamnya masih sangat hijau, air terjunnya di Senaru bagus dan saya paling suka, tebing-tebing di Malaka,” ujarnya dalam Bahasa Inggris yang diterjemahkan.

Sementara itu Diana, peserta asal San Fransisco, USA tidak kalah memuji keindahan KLU. Menurutnya, selain keindahan alamnya yang sangat bagus, keramah-tamahan masyarakatnya juga tidak kalah. “Ketika kami jalan, banyak yang menyapa, ‘Hallo’ bahkan sampai anak kecil mengatakan ‘Mmuahh’, orang-orang di sini sangat ramah,” ujarnya sembari mencontohkan kecupan tangan jarak jauh dari anak-anak.

Terhadap pertujukan rudat dan presean sendiri, Tom dan Diana yang mengaku teman akrab ini sangat kagum, terlebih dengan kostum dan gerakan-gerakannya. Begitu pula saat begibung, dikatakannya, itu unik dan makanan yang disajikan sangat enak. (zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut