Peselancar NTB Berpeluang Tampil di Olimpiade Tokyo

Hairil Anwar
Hairil Anwar.( IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Atlet Selancar andalan NTB, Hairil Anwar diprediksi tidak hanya sukses di ajang SEA Games Filipina 2019, namun peluang tampil di ajang berkelas, seperti Olimpiade Tokyo, Jepang 2020 mendatang juga dinilai terbuka lebar.

Peselancar NTB Hairil Anwar mengatakan untuk cabor selancar Indonesia juga berpeluang besar lolos ke Olimpiade. Indonesia berpeluang besar lolos melalui kejuaraan International Surfing Association (ISA).

”Kita sudah ikut satu kali di Jepang dua bulan lalu. Tapi hanya sampai semifinal jadi belum lolos,” ujarnya belum lama ini.

Dikatakannya, meskipun belum lolos di even pertama, masih ada even ISA kedua yang akan dilaksanakan 2020 mendatang. Namun waktu pastinya belum diketahui secara detail. Tapi untuk lokasi, disebutnya bakal berlangsung di Australia.

Menurut pria yang akrab disapa Oney Anwar ini, kualifikasi olimpiade melalui kejuaraan ISA ini hanya diambil empat peselancar terbaik. Dengan begitu, dirinya tidak hanya bersaing dengan peselancar negara lain, tapi juga harus bersaing dengan peselancar dari Indonesia seperti Rio Waida.

“Secara kesempatan, saya masih punya kesempatan emas. Karena dulu juga pernah masuk final,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua KONI NTB H Andy Hadianto mengatakan, setidaknya ada enam atlet yang masih berburu poin untuk lolos ke ajang Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Didalamnya termasuk peselancar asal NTB yang sukses persembahkan medali emas di ajang SEA Games Filipina.

Sebelumnya, para atlet itu telah mengharumkan nama Indonesia. Mereka menggondol medali di ajang SEA Games Filipina 2019. Sebenarnya ada tujuh atlet yang diproyeksi bisa membela Indonesia di Olimpiade Tokyo. Karena satu atlet sudah dipastikan berlaga di Olimpiade, yakni Lalu Muhammad Zohri.

Sementara enam atlet lainnya terdiri dari Sapwaumahman, Ahmad Zigi Zaresta Yudha, I Gusti Bagus Saputra, Hairil Anwar, Nurul Iqamah, Putu Dini, dan Dhita Juliana masih harus mengumpulkan poin.

”Kita doakan mereka bisa lolos dan mengharumkan merah putih disana,” pungkasnya. (rie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid