Perusahaan Malaysia Tertarik Rekrut Lulusan SMK Pariwisata NTB

LULUSAN : Kepala Bidang PSMK Dikbud NTB M Khairul Ikhwan bersama Kepala SMKN 4 Mataram Iwan Supriadi saat menerima tamu dari Malaysia. (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Kepala Bidang PSMK Dikbud NTB  M Khairul Ikhwan mengatakan lulusan SMK bisa diserap bekerja sesuai kompetensi keahliannya. Karena itu, Dinas Dikbud akan memfasilitasi perusahaan untuk bisa menyerap lulusan dari siswa SMK untuk bekerja di tempat mereka.

“Dari Malaysia Datuk Al-Ansar grub ingin membawa lulusan SMK jurusan Pariwisata untuk magang di Kuala lumpur,” kata M Khairul Ikhwan kepada Radar Lombok, Senin (6/6).

 Dikatakan Ikhwan, perusahaan asal Malaysia itu mengunjungi SMKN 4 Mataram langsung melakukan wawancara salah seorang siswa terbaik dari SMKN 4 Mataram. Kemudian diajak berbicara menggunakan bahasa Inggris, sehingga ini tentu menjadi bahan evaluasi Dinas Dikbud NTB. Permintaan magang di luar negeri banyak khususnya tenaga kepariwisataan. Ada juga dari Jepang, Jerman, Arab Saudi. Akan tetapi saat ini kendala yakni tentang bahasa inggris, makanya ini mulai digarap, apakah nanti bentuknya reguler maupun bentuk khusus lainnya.

BACA JUGA :  DPRD NTB Minta Pengelolaan DAK Fisik Sekolah Transparan
BACA JUGA :  Kadis Dikbud NTB Klaim Tidak Tahu Honor Fantastis 13 Pendamping Perencana

Bahkan, SMKN 4 Mataram berencana akan membuat English Café di sekolah. Jika ada siswa yang datang sambil menggunakan bahasa inggris dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman. Ini menjadi agenda dan diharapkan jika digerakkan secara baik di seluruh NTB, nantinya bisa mengirim tenaga kerja yang sifatnya tidak bekali kemapuan, tapi sejak magang sudah belajar aktivitas industri di luar negeri.

“Jadi nanti mereka semuanya sudah trampil,” ujarnya. (adi)