Pertamina Tingkatkan Kualitas HSSE Melalui Defensive Driving Training

24 Awak Sopir Tangki Dilatih di Fuel Terminal Bima

pertamina-bima
PELATIHAN : CEO dari Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar menjadi pembicara dalam kegiatan Defensive Driving Training kepada awak mobil tangki di Bima.

BIMA – Dalam rangka mengutamakan keselamatan dan keamanan kerja operasional atau Health, Safety, Security & Environment (HSSE), PT Pertamina Patra Niaga menyelenggarakan kegiatan berbasis peningkatan kemampuan HSSE. Salah satunya adalah Defensive Training Labs di Fuel Terminal Bima yang bekerja sama dengan Rifat Drive Labs (RDL) di awal bulan Februari 2022, masih bertepatan dalam rangka bulan K3 nasional. 

Pelatihan yang dilaksanakan dalam acara “Defensive Driving Training” meliputi materi, praktek lapangan, dan diakhiri oleh ujian akhir Awak Mobil Tangki (AMT). Kegiatan ini di hadiri oleh peserta yang berasal dari PT Elnusa Petrofin sebanyak 24 orang, PT Bima Oil Internusa sebanyak 12 orang, PT Bimatam sebanyak 1 orang, dan DPPU Salahuddin sebanyak 2 orang.

BACA JUGA :  Tanpa Struk, Pertamina Gratiskan Pembelian BBM PertaSeries

Fuel Terminal Manager Bima, Damianus Fery Bayu Permana berharap kegiatan “Defensive Driving Training” dapat membantu meningkatkan keamanan awak mobil tangki ketika berkendara. Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi terutama dalam hal penyaluran BBM, PT Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk terus mengutamakan aspek HSSE di seluruh aspek operasional perusahaan.

“Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas HSSE para awak mobil tangki dalam mengoptimalkan pendistribusian BBM ke seluruh SPBU, terutama yang berada di wilayah operasional Fuel Terminal Bima, NTB,” ujar Fery.

Sementara itu, CEO dari Rifat Drive Labs (RDL), Rifat Sungkar, juga turut memberikan dukungan penuh, serta menunjukkan antusiasme menjadi bagian dari kegiatan tersebut. Menurutnya pelatihan ini merupakan hal yang penting dan diharapkan FT Bima dapat menjadi tombak perubahaan serta contoh yang baik.

BACA JUGA :  Pertamina Pastikan Fenomena di Teluk Bima Bukan Akibat Tumpahan Minyak

“Harapannya adalah kedatangan saya di sini bisa menginspirasi mereka untuk bisa menjadi agent of change, melakukan perubahan perbaikan dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi. Sehingga FT Bima bisa menjadi contoh untuk teman-teman pengemudi Tangki yang lainnya,” pungkas Rifat.

PT Pertamina Patra niaga merupakan Sub Holding Commercial & Trading dari PT Pertamina (Persero) yang memiliki peran untuk menyalurkan energi berupa BBM, LPG, Petrokimia dan produk turunan lainnya kepada konsumen atau masyarakat. Untuk informasi lebih lanjut, konsumen dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi mypertamina. (luk)