Pertamina Tambah Stok Avtur BIL 31 Persen

Ilustrasi PERTAMINA
PERTAMINA

MATARAM—Pertamina Marketing Operation Region V Jatimbalinus, menyiapkan tambahan avtur sebanyak 69 persen dari rata-rata penyaluran normal harian untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar musim haji 2017 di Bandara Internasional Juanda dan Bandara Internasional Lombok (BIL).

Pertamina menyiapkan tambahan penyaluran avtur sebanyak 434 Kilo Liter (KL) per hari menjadi 1.594 KL per hari, dari rata-rata penyaluran regular harian sebesar 1.160 KL per hari.

Di Bandara Internasional Lombok (BIL), dalam kondisi normal DPPU Lombok melayani 36 penerbangan dengan rata rata penyaluran harian sebanyak 110 KL. Dengan penambahan penerbangan haji ini, konsumsi harian bertambah menjadi 114 KL naik sebanyak 31 persen dari konsumsi harian normal.

Untuk penerbangan haji di Bandara Internasional Lombok hanya ada 1 penerbangan dalam sehari dengan jumlah Kloter sebanyak 10, dengan pesawat sebelumnya menggunakan jenis A330 menjadi B747-400. Pengisian Avtur di Bandara Internasional Lombok didukung oleh 5 refueller.

Untuk embarkasi Lombok penerbangan haji berlangsung tanggal 11 Agustus sampai dengan  25 Agustus 2017 dan kepulangan haji tanggal 22 September sampai dengan 5 Oktober 2017.

General Manager Pertamina Marketing operation Region V, Herman MZ mengatakan, penambahan ini untuk memenuhi kebutuhan penerbangan haji di embarkasi Haji melalui Bandara Internasional Juanda dan Bandara Internasional Lombok.

“Pertamina memastikan kelancaran dan ketersediaan pasokan avtur selama musim Haji 2017, serta pendukung lainnya dengan harapan dapat memberkan rasa aman dan nyaman baik pihak yang melayani kegiatan serta jamaah hajinya,” kata Herman, Kamis kemarin (27/7).

Sementara itu di DPPU Juanda dalam kondisi normal melayani kurang lebih sebanyak 200 pesawat dengan rata rata penyaluran harian sebanyak 1050 KL. Dengan penambahan penerbangan untuk penerbangan haji ini konsumsi harian bertambah menjadi 1450 KL naik sebanyak 38 peren dari konsumsi harian normal. Untuk penerbangan haji sendiri Bandara Juanda melayani 4 penerbangan dalam sehari dan jumlah kloter yang akan dilayani sebanyak 83 dari sebelumnya 64 kloter.

Untuk embarkasi Surabaya penerbangan haji berlangsung 28 Juli s/d 26 Agustus 2017 dan kepulangan haji 07 September s/d 05 Oktober 2017. Untuk pengisian di bandara Juanda Pertamina memanfaatkan 6 Hydrant Dispenser yang tersedia baik di terminal TI dan T2 dan penggunaan 11 refueller. (luk)

BACA JUGA :  BIL Buka Posko Terpadu Lebaran
Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaKSPN Laporkan PT Sadhana Arif Nusa ke Polda
Berita berikutnyaPemprov Dilarang Negosiasi dengan Angkasa Pura