Personel Gabungan TNI-Polri dan Pemda Lobar Patroli Bersama

PATROLI GABUNGAN: Personel gabungan TNI-Polri dan Pemda Lobar ketika melaksanakan patroli gabungan, sekaligus sosialisasi protokol Covid-19. Tampak salah satu personel polisi memberikan masker kepada pedagang yang tidak pakai masker. (polda for radarlombok.co.d)

GIRI MENANG—Apel Gabungan Siaga Penanganan Covid-19 dan menyambut Hari Raya Idhul Fitri 1441 H, serta Lebaran Ketupat, dilaksakanan di Posko Tim Reaksi Cepat Penanganan Covid-19 Lombok Barat (Lobar), di Gedung Gor Mini Lobar, Jumat (22/5/2020).

Kegiatan dihadiri oleh Kapolres Lobar, AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K, Dandim 1606 Lobar, Letkol czi Efrizon Kroll, para Pejabat Utama Polres Lobar, para Danramil dan Kapolsek, Kabid Gagda Pol PP, Zuhandi Bahari, SE, Personel Kodim 1606/WB, Personel Polres Lombok Barat, Personil Pol PP Lobar dan Personil Dishub Lobar.

Kesempatan itu, Kapolres Lombok Barat, AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K mengatakan bahwa Kegiatan ini berkaitan dengan penanganan Covid-19 dan menyambut hari Raya idhul fitri 1441 H dan Lebaran ketupat.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan sinergitas tinggi melibatkan Pemerintah Daerah, TNI-Polri, dengan pola Preventif dan Humanis. Kegiatan ini Fokus dilaksanakan sampai 7 hari kedepan diantaranya menjelang Idul Fitri, pada hari H, maupun pasca Hari Raya Idhul Fitri.

Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya berupa sosialisasi di kantong-kantong masyarakat yang padat seperti di Pasar dan Pedagang Pakaian. Disamping itu, untuk tetap menjaga Sitkamtibmas tetap kondusif, kegiatan Patroli tetap ditingkatkan.

Kegiatan juga akan difokuskan pada tempat Wisata, dimana pada pintu masuk obyek wisata akan ditempatkan personil dengan kekuatan maksimal. “Pengalihan arus lalulintas tetap akan dilaksanakan. Untuk itu penjagaan akan lebih diperketat agar tidak ada yang menerobos rambu yang sidah dialihkan,” jelas Kapolres.

Sementara itu, Dandim 1606 Lobar Letkol czi Efrizon Kroll mengingatkan bahwa Kasus Positif Covid-19 sudah sangat menghawatirkan. Ditekankan pula bahwa jangan sampai terjadi Gelombang kedua yang positif Covid-19, khususnya di Wilayah Lombok Barat.

Dandim juga menghimbau untuk Pelaksanaan Malam takbiran, Solat Id, agar dilakukan di rumah saja. “Kegiatan patroli dan imbauan gabungan ini akan rutin dilaksanakan, untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dalam upaya memutus mata rantai Covid-19,” tegas Dandim.

Usai apel, selanjutnya personel gabungan langsung menuju lokasi patroli dan imbauan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam pelaksanaannya, personel gabungan ini dibagi menjadi dua kelompok patroli, terdiri dari yang ke arah Labuapi dan Kediri, serta yang mengarah ke wilayah Gerung dan Lembar.

Di pasar Kediri, dipimpin langsung oleh Dandim yang didampingi oleh Wakapolres Lobar. Personel gabungan ini melakukan imbauan terkait dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri di tengah pandemi penyebaran virus corona (Covid-19).

Selain itu, Dandim beserta personel gabungan juga melakukan pembagian masker terhadap masyarakat di Pasar kediri, dengan sasaran masyarakat yang belum memakai masker. Imbauan dilaksanakan untuk mengurangi adanya kerumunan, serta apabila setiap keluar rumah selalu memakai masker dan rajin untuk cuci tangan. (ami)