Persisum Wakili NTB ke Jateng

BERPOSE: Pemain dari kedua tim berpose jelang laga akan dimulai di GOR 17 Desember, Turide Mataram (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM–Persisum Sumbawa dipastikan menjadi wakili NTB tandang ke Semarang, Jawa Tengah. Kepastian ini setelah berhasil menundukan PS Hamzanwadi 4-0 dalam laga lanjutan Piala Suratin yang diselenggarakan oleh  Asprov PSSI NTB di Lapangan Gelanggang Olahraga (GOR) Turide, 17 Desember.

Sejak kick off babak pertama dimulai Tim PS Hamzanwadi mulai menyerang tim dari Persisum Sumbawa. Bahkan, jalanya pertandingan dikuasi oleh PS Hamzanwadi. Meski tampil menekan, lini pertahanan Persisum terlalu tangguh untuk ditaklukan.

Pelan tapi pasti, Persisum Sumbawa merubah keadaan. Umpan-umpan silang lewat serangan yang dilancarkan membuat pS Hamzanwadi mulai kelimpungan. Buktinya, di menit ke 17, Persisum diuntungkan dengan pelanggaran yang dilakukan PS Hamzanwadi di luar garis penalty.

Persisum yang memanfaatkan set piece lewat tendangan lambung Rizki Zulhanra lantas dilanjutkan Hendrilus Jeneuro (17) lewat sundulan kepala. Sundulan pemain ini berbuah gol.

Tertinggal 1 gol, PS Hamzanwadi sudah mulai bermain tanpa kordinasi yang apik. Pola serangan Persisum yang cukup variatif membuat para pemain PS HAmzanwadi dibuat pusing. Persisum kadang menyerang lewat umpan-umpan pendek, kadang juga lewat umpan-umpan panjang.

Pas di menit, 43 Rizaldi Apriansyah (14) kembali menggandakan gol lewat sepakan kaki kirinya. Skor 2-0 menutup jalanya babak pertama.

Memasuki babak kedua, PS Hamzanwadi frustasi karena tidak bisa menyamakan kedudukan. Barisan pertahanan Persisum terlampau tangguh ditaklukan.

Namun pelung emas didapatkan oleh PS Hamzanwadi di menit 59 lewat titik 12 pas. Hadiah hakim pertandingan ini lantaran pemain Persisum melakukan pelanggaran di zona terlarang. Saying, hadiah itu tidak dimanfaatkan dan gagal dikonversi menjadi gol.

Kegagalan itu membuat mental Persisum kian superior. Di menit 74 melalui  Rizaldi Apriansyah (14) kembali berhasil memperlebar ketertinggalan PS Hamzanwadi dengan skor 3-0. Bahkan berselang tiga menit berikutnya, pemain yang sama mennggandakan kemenangan menjadi 4-0. Rizaldi Apriansyah sukses mencatat hattrick di laga itu.

Pelatih Persisum Sumbawa, Samsul Patria mengatakan, kemenangan timnya sebagai semangat untuk mewakili NTB ke ajang nasional. “Kita lihat permainan anak-anak tadi cukup bagus. Karena semua lini yang kita harapkan mampu bekerja maksimal,’’ ucapnya.

Diketahui, Piala Suratin ini diikuti oleh dua klub yakni Lombok timur dan Sumbawa. Ini karena klub yang lainnya mengundurkan diri lantaran dipicu wacana Musdalub. (cr-adi)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid