Persiapan Festival Mentaram Baru 70 Persen

KETERANGAN PERS : Perwakilan EO, BP2KM dan Disbudpar menjelaskan persiapan Festival Mentaram kemarin (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM– Persiapan pelaksanaan Festival Mentaram tahun 2016 hingga H-2 masih 70 persen. Persiapan tersebut berupa pembagian undangan, pemasangan alat di lokasi acara dan persiapan lainnya. Festival dibuka di Lapangan Sangkareang dan akan berlangsung dari tanggal 24 sampai 26 Oktober.

Perwakilan Event Organizer (EO) Mauren Wenas mengatakan, festival akan diikuti oleh ribuan peserta, terutama saat parade seni dan budaya yang akan dilaksanakan di Lapangan Sangkareang.

Informasi yang diterima dari pihak kecamatan,masing-masing kecamatan akan mengikutsertakan ratusan lebih warga untuk mengikuti parade, ditambah lagi dengan penampilan perwakilan kabupaten/kota lainnya yang sudah memastikan diri hadir. “ Saat ini persiapan kami masih 70 persen,” ungkapnya.

Pihaknya memastikan hari ini persiapan sudah 100 persen sehingga pada sore hari bisa dilakukan gladi resik parade budaya. Sebab rencanya pada saat penampilan tarian budaya, Wali Kota Mataram direncanakan akan terlibat dalam salah satu tarian sehingga dilakukan gladi resik." Besok pasti sudah 100 persen sekalian kita gladi,” kata Mouren kemarin.

Mouren yakin persiapannya bisa maksimal 100 persen hari ini, sebab sisa yang 30 persen tinggal pemasangan dan penataan panggung plus pemasangan beberapa stan lokasi festival kuliner, pagelaran seni dan budaya, festival permainan adat dan panggung utama.”Semua bagian sudah ada vendor masing-masing kami yakin bisa diselesaikan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua Badan Promosi Pariwisata Kota Mataram (BP2KM) Yusril Arwan menilai Festival  Mentaram yang dilaksanakan bertepatan dengan acara Teknologi Tepat Guna (TTG) ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mempromosikan potensi pariwisata Kota Mataram. Untuk itu sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam hal promosi, Yusril berharap festival ini bisa dilaksanakan dengan baik oleh EO sehingga bisa menarik minat para tamu dari provinsi lain untuk kembali lagi ke Mataram.”Momen ini harus bisa dimanfaatkan untuk promosi gratis,” ungkap Yusril.

Ia menjelaskan, sebuah anugerah Festival Mentaram berbarengan dengan event Gelar TTG. Dalam acara ini 34  provinsi hadir. Hal ini harus bisa dimanfaatkan. Daripada Pemkot Mataram harus keluar banyak uang untuk melakukan promosi ke daerah-daerah lain untuk menjual potensi daerah.” Coba berapa uang yang bisa diirit,” tegasnya.

Untuk itu Yusril menekankan bila perlu perwakilan dari provinsi yang hadir bisa diundang langsung atau diberikan tempat khusus selama festival." Para tamu harus diberikan penghormatan mumpung mereka ada di Mataram supaya mereka  terkesan balik ke kampung halaman,” harapnya.

Kepala Disbudpar Mataram Abdul Latif Najib mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Pemprov bahwa para tamu dari provinsi lain yang datang dalam TTG agar diberikan undangan dan tempat khusus.” Kita sudah koordinasi dan mereka kita kasih undangan langsung ke semua stan di TTG,” ungkap Latif.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid