Perpustakaan MAN 2 Mataram Terbaik NTB

PERPUSTAKAAN: Pengelola peprustakaan MAN 2 Mataram berpose dan memperlihatkan piagam dari Badan Perpustakaan dan Kearsipan NTB (NASRI/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Prestasi MAN 2 Mataram terus menggeliat. Terbaru, perpustakaan madrasah ini keluar sebagai yang terbaik di NTB.

“Faktor utama yangmembuat perpustakaan madrasah ini keluar sebagai juara karena memiliki layanan berbasis IT,” ungkap teknisi IT perpustakaan MAN 2 Mataram, Mukarram, Selasa (23/5).

Layanan berbasis IT ini, jelasnya, menjadi daya tarik tersendiri. Lantaran itu, Badan Perpustakaan dan Kearispan NTB mendapauk madrasah ini sebagai yang terbaik.

Sebelum ditetapkan sebagai juara, MAN 2 Mataram harus bersaing dengan berbagai SMA/MA dan SMK baik negeri dan swasta yang ada di NTB. Rata-rata dari semua sekolah dan madrasah pesaing itu merupakan wakil dari kabupaten kota yang ditetapkan menjadi terbaik di daerah masing-masing.

Namun karena persiapan MAN 2 Mataram  lebih baik dibanding madrasah dan sekolah lainnya, otomatis dewan juri menunjuk madrasah ini keluar sebagai pemenang.

Lewat layanan berbasis IT, jelasnya, ada banyak kelebihan yang dimiliki. Salah satunya, mempermudah proses peminjaman buku kepada siswa.  Di lain sisi, koleksi buku perpustakaan di madrasah ini disebutnya relatif sangat banyak. Jumlahnya mencapai seribu buku.

“Yang paling penting saat ini, kita mampu menarik minat baca siswa melalui sistem pelayanan yang kita hadirkan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Mataram, H. Lalu Syauki MS, menyampaikan rasa syukurnya lantaran perpustakan madarasah yang dipimpinnya menjadi terbaik di NTB. Namun demikian, ia mengakui bahwa dengan status terbaik yang disandang perpustakaan madrasah ini tidak menjadi jaminan bisa memuaskan smeu asiswa.

Agar bisa lebih meuaskan, sambungnya, layanan di perpusatkaan terus ditingkatkan kualitasnya. Salah satunya dengan menggenjot dan mendukung para pustakawan yang dimilikinya

Meski sudah ditetapkan sebagai perpustakaan terbaik, madrasah ini terus berinovasi meningkatkan mutu layanan. Kedepan madrasah ini akan berusaha lebih keras.

“Ada beberapa ide dan strategi yang akan kita kembangkan untuk  menyempurnakan pengelolaan manajemen perpustakaan. Salah satunya dengan membuat film documenter terkait latar belakang perpustakaan” ujarnya. (cr-rie)