Perpustakaan Desa Sakra Juara I Nasional

MATARAM –Lomba perpustakaan tingkat nasional di Jakarta dari tanggal 14-16 Agustus 2016 sukses menjadikan wakil NTB sebagai kampiun. Dalam lomba itu, P:erpustakaan Desa Sakra mampu keluar sebagai juara I mengalahkan 33 provinsi lainnya di Indonesia.

"Alhamdulillah Perpustakaan Desa Sakra, Kecamatan Sakra, Lombok Timur berhasil meraih juara I nasional," kata Kepala Bidang Pembinaan Perpustakaan, Badan Perpustakaan dan Arsip Provinsi (BPAP) NTB, Ali Rahim yang langsung mendampingi tim provinsi NTB, Rabu (17/8).

Dari tiga cabang lomba yang diikuti wakil NTB, kata Ali Rahim, hanya cabang lomba perpustakaan desa yang sukses juara I nasional. Sementara dua cabang lomba lainnya diikuti NTB adalah lomba pustakawan, dan lomba bercerita untuk siswa SD hanya mampu masuk di urutan 12 besar nasional. 

Perpustakaan Desa Sakra sukses meraih juara I nasional, karena berhasil meningkatkan minat baca masyarakat serta pengelolaan perpsutakaan desa yang bagus dengan memanfaatkan teknologi informasi secara online. Selain itu, dari peningkatan minat baca masyarakat setempat, Perpustakaan Desa Sakra berhasil membentuk komunitas yang berasal dari kaum ibu-ibu membuat berbagai produk pangan olahan. 

Kaum ibu-ibu di desa Sakra tersebut mendapatkan pengetahuan membuat berbagai produk pangan olahan karena aktif meminjam buku di perpustakaan desa. Kemudian kaum ibu-ibu ini membuat komunitas membuat produk makanan olahan. 

Dari produk pangan olahan itu, kemudian dari pihak Perpustakaan Desa Sakra langsung yang memasarkannya. Selain itu, perhatian pemerintah daerah melalui dari dana APBD II untuk perpustakaan desa ini juga menjadi salah satu nilai plus yang diberikan tim penilai perpustakaan nasional. 

"Kita berharap kabupaten/kota lainnya menjadikan perpustakaan Desa Sakra sebagai contoh untuk ikut memajukan perpustakaan desa," harapnya. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid