Perpustakaan Desa Embung Kandong Wakili NTB

 H Marwan (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG – Perpusatakaan Desa Embung Kandong Kecamatan Terara Lombok Timur mewakili Provinsi NTB pada lomba perpustakaan desa tingkat nasional.

Kepala Dinas Perpustakaan Lombok Timur H Marwan menjelaskan saat ini dirinya sedang menyiapkan perpusatakaan Desa Embung Kandong yang akan mengikuti lomba perpustakaan ke tingkat nasional. Perpusatakaan desa ini terpilih menjadi perwakilan NTB menurutnya sangat layak. Pasalnya, Perpustakaan Desa Embung Kandong memiliki sejumlah kelebihan dari perpustakaan desa lain di Lombok Timur. Perpustakaan ini maju dan memiliki gedung sendiri. Lokasinya juga terpisah dengan pusat pemerintahan yang lain. Disamping itu perpustakaan ini memiliki pengelola yang lengkap. Sarana dan prasarana perpustakaan ini sudah memadai baik. “ Yang paling tentunya, perpustakaan desa itu harus ramai dikunjungi masyarakat,”paparnya.

Disampaikan Marwan, lokasi perpustakaan desa ini jauh dari pusat pemerintahan. Namun tingkat kunjungan cukup ramai baik dari siswa SD, siswa SMP, SMA dan mahasiswa dan masyarakat lainnya. Selain itu juga, penyebaran perpustakaan desa ini bukan hanya di desa saja, tetapi ada pula pojok – pojok baca yang disiapkan oleh pemerintah desa. “ Salah satu trik yang digunakan, pengelola ini menyimpan buku perpustakaan di tempat – tempat masyarakat yang hobi membaca, di sana nanti masyarakat bisa meminjam buku,” tambahnya.

Yang paling menarik katanya, perpustakaan ini berbasis sosial. Hasil kerajinan – kerajinan yang dibuat oleh masyarakat dipajang. Masyarakat bisa berlajar dari kerajinan yang dibuat ini. “ Makanya sekarang, kita terus memberikan pembinaan agar desa yang lain juga bisa membangun perpustakaan yang lebih bagus,”katanya.

Keberhasilan perpustakaan Desa Embung Kandong ini tambah Marwan, karena termotivasi dari keberhasilan perpusatakaan Desa Rempung yang menjadi juara nasional tahun lalu. Mereka belajar dari keberhasilan perpusatakaan Desa Rempung itu dan kini menjadi wakil NTB di lomba yang sama di tingkat nasional yang rencananya digelar tanggal 7 Oktober 2020 mendatang. “ Dari hasil study banding ke Desa Rempung inilah Desa Embung Kandong terpilih sebagai perwakilan provinsi, dan kita harapkan desa lain juga seperti itu,”harapnya.(wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid
Berita sebelumyaMelarikan Diri, Pembobol Toko Ditembak
Berita berikutnyaSabu Senilai Miliaran Rupiah Dimusnahkan