Perpanjang SIM Bisa dari HP

illustrasi

MATARAM–Polri resmi meluncurkan aplikasi pembaharuan surat ijin mengemudi (SIM) nasional presisi atau Sinar.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, Sinar ini merupakan upaya dari Korlantas Polri beserta jajaran lalu lintas dalam memberikan legitimasi kompetensi pengemudi kendaraan bermotor yang dilandasi dengan kepekaan untuk turut menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat di masa pandemi.

Di sisi lain juga merupakan upaya Polri untuk memangkas birokrasi dan mewujudkan pelayanan yang bebas korupsi dengan mengurangi pertemuan antara petugas dan masyarakat secara langsung; digantikan dengan penggunaan aplikasi yang dapat diakses secara online. “Dalam penggunaan aplikasi Sinar ini, masyarakat hanya perlu mendownload aplikasi digital korlantas di playstore maupun appstore, yang di dalamnya terdapat layanan ini,” jelas Iqbal.

BACA JUGA :  Gendang Beleq SMPN 17 Mataram Langganan Museum NTB

Melalui aplikasi Sinar ini lanjut Iqbal, masyarakat lebih dimudahkan dalam pelaksanaan perpanjangan SIM A dan C serta ujian teori yang dapat dilakukan secara online. Selain itu, masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan tes kesehatan dan tes psikologi dengan mengakses pada aplikasi E-Ppsi dan E-Rikkes sebagai bagian dari aplikasi sinar Korlantas Polri melalui perangkat mobile yang dimiliki.

Kemudian, sebagai kelanjutan dari upaya nyata Korlantas Polri dalam pelaksanaan transformasi pelayanan publik di bidang penerbitan SIM, dalam waktu dekat aplikasi ini juga akan dilengkapi dengan aplikasi registrasi online untuk layanan pendaftaran penerbitan SIM baru. Dengan demikian maka masyarakat akan dapat memperoleh pelayanan SIM di mana saja dan kapan saja secara maksimal dengan tetap memenuhi ketentuan yang ada tanpa risiko tertular covid-19.

BACA JUGA :  Ada Mutasi di Internal Polres Mataram

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Noviar menjelaskan, sekarang perpanjangan SIM cukup melalui HP, tidak perlu repot-repot datang ke kantor polisi.

Dijelaskan, untuk NTB pemberlakuan Sinar bertahap, sementara akan diberlakukan di Mataram dulu. Seluruh NTB rencananya mulai awal Mei 2021. “Tahap pertama di Polda NTB uji cobanya di Satpas Mataram, sampai akhir April, karena sistem yang ada di Satpas Mataram perlu pembenahan. Awal Mei di seluruh NTB sudah bisa,” jelas Noviar.

SIM yang dapat diperpanjang di aplikasi Sinar ini yakni SIM A dan SIM C, sementara untuk sim B atau B umum masih seperti biasa. “Sekarang perpanjang SIM A dan SIM C sudah tidak menggunakan kertas lagi, cukup menggunakan aplikasi Sinar,” tegas Noviar. (der)