Perizinan Terpusat di Dinas PMP2TSP

H.Effendi Eko Saswito (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM– Beberapa jenis izin sebelumnya bisa diurus di beberapa SKPD. Kini semua jenis perizinan terpusat di Dinas PMP2TSTP. Pelayanan terpusat ini berdasarkan aturan Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).” Pelimpahan ini sebagai tindak lanjut dari penghargaan Kemenpan,” ungkap Sekda Kota Mataram H. Effendi Eko Saswito kemarin.

Dalam keputusan yang sudah disampaikan Kemenpan, ada sekitar 26 jenis izin yang sebelumnya melekat di SKPD tertentu kini menjadi kewenangan Dinas PMP2TSP. Nanti dari 26 ini akan ditambah lagi jenis pelimpahan kewenangan. Mana izin yang bisa dilimpahkan sudah dikomunikasikan dengan SKPD terkait.

[postingan number=3 tag=”mataram”]

Saat ini yang masih menjadi masalah yakni dimana dulu pelimpahan pelayanan perizinan diatur dalam bentuk Perda. Maka dengan adanya pelimpahan ini akan dilakukan revisi Perda sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Selanjutnya sesuai dengan Perda ini tentunya akan dilakukan perubahan sehingga akan dilimpahkan sesuai pelimpahan yang ada.” Kita akan lakukan revisi Perda,” tegasnya.
Eko menambahkan, ada beberapa catatan yang mungkin nantinya akan dialihkan pelimpahan izinnya misalnya selain Dinas Kesehatan,  termasuk juga Dinas Perdagangan tentang izin pengelolaan pasar rakyat, Dinas Pertanian tentang izin usaha penggilingan padi dan lain-lain. “ Semua SKPD siap untuk dilimpahkan,” tegasnya.
Pelimpahan ini sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Terpisah, Kepala Dinas PMP2TSP Cokorda Sudira Muliarsa mengatakan pelimpahan perizinan ini sudah disampaikan oleh Sekda. Sebagai SKPD yang melayani  perizinan pihaknya sudah siap.”Kita siap saja melayani perizinan dari SKPD lain,” ungkapnya.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid