Peringatan HUT Kabupaten Lombok Utara ke 9

Bupati Najmul Akhyar memberi hormat saat apel HUT KLU ke 9.

PERINGATAN HUT ke-9 Kabupaten Lombok Utara (KLU) tahun ini merupakan tahun kedua masa pengabdian Bupati Dr H Najmul Akhyar MH dan Wakil Bupati Sarifudin SH untuk mengkhidmatkan diri kepada masyarakat Gumi Tioq Tata Tunaq. Oleh karenanya, dengan usia masih belia ini bupati mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kekompakan, keutuhan untuk bekerja nyata dan bekerja cerdas dalam membangun KLU.

Demikian disampaikan Bupati KLU Najmul Akhyar pada saat melaksanakan apel peringatan HUT ke-9 KLU di lapangan Tioq Tata Tunaq, Jumat (21/7). KLU telah mampu berbenah diri dalam banyak aspek. Hal ini adanya dukungan penuh masyarakat yang dilandasi rasa solidaritas dan sinergitas yang tinggi antara segenap elemen yang ada ditambah dengan terpatrinya iktikad baik pemerintah daerah. “Terbukti telah mampu memberikan kontribusi positif dalam mendorong akselerasi pembangunan dalam pelbagai bidang dan secara nyata telah memberikan dampak pada peningkatan indeks pembangunan manusia seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya serta bidang-bidang pembangunan yang lainnya,” ucapnya di hadapan para tamu undangan.

Sesuai dengan strategi umum pelaksanaan pembangunan daerah yaitu percepatan inovasi dan nilai tambah (PIN), maka penerapan sinergitas untuk masing-masing bidang pembangunan telah diikhtiarkan dengan langkah dan strategi yang dijalankan secara simultan dan kolektif-kolegial. Mulai dari bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang pariwisata, pada pelayanan data statistik, bidang kependudukan dan pencatatan sipil, pada bidang penganggaran dan pengelolaan keuangan publik, melimpahkan sebagian kewenangan bupati kepada camat, gerakan untuk percepatan reformasi birokrasi dan pelayanan publik dan kerjasama lintas daerah dalam beberapa bidang pembangunan. “Kita terus menjalin kerjasama lintas daerah hingga luar negeri,” terangnya.

Berbagai ikhtiar dan gerakan yang telah ditempuh, menorehkan hasil yang cukup baik bagi pemerintah dan masyarakat KLU, antara lain pada penghujung tahun 2016 pemerintah KLU menerima tiga penghargaan berskala nasional terdiri Dana Rakca Award dari Presiden atas prestasi dan kinerja dengan penilaian baik dalam pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik, ekonomi, dan kesejahteraan, penghargaan dari Menkumham sebagai Kabupaten Peduli HAM, penghargaan dari Menteri Sosial sebagai pembina umum  karang taruna terbaik nasional. Berikutnya pada bulan Mei 2017, pemerintah KLU menerima iNEWS Maker Award 2017 kategori inovasi dalam percepatan pelayanan publik.

Selanjutnya, prestasi bergengsi yang telah ditorehkan oleh pemerintah KLU adalah Opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dari BPK RI atas laporan hasil pemeriksaan pengelolaan keuangan daerah. Prestasi gemilang ini telah diterima selama tiga kali berturut-turut (2014–2015–2016). Untuk penghargaan di level provinsi, KLU juga menorehkan prestasi. pada ajang hari kesatuan gerak PKK tingkat Provinsi NTB yaitu juara II lomba hatinya PKK, juara harapan III lomba PKDRT, juara harapan II lomba LBS dan juara harapan III lomba PHBS. (flo/adv)

BACA JUGA :  Izin Retail Modern Dipermudah