Perempuan KLU Lebih Diunggulkan Menjadi Pengusaha

PERAJIN : Kelompok perajin perempuan di Dusun Dasan Bangket Desa Bentek Kecamatan Gangga menunjukan hasil kerajinannya (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG – Keberadaan lembaga Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Lombok Utara (KLU) diklaim memiliki potensi besar dalam melibatkan diri memajukan sektor ekonomi daerah.

Untuk itu, berbagai sektor usaha rumahan yang selama ini belum disosialisasikan harus dieksplor keluar dalam rangka memperkenalkan diri sesuai dengan usaha yang digeluti. “Anggota IWAPI memang masih sedikit di Lombok Utara. Untuk itu, diperlukan sosialisasi pengembangan keluar agar produk yang dihasilkan itu bisa dipasarkan,” ujar ketua IWAPI NTB, Baiq Diah Ratu Genepi usai menghadiri kegiatan IWAPI di Lombok Utara, Selasa (25/7).

Menurutnya, keberadaan pengusaha perempuan di Lombok Utara cukup bagus. Potensi usaha juga sangat banyak.  “Apapun produk kami selalu pasarkan juga. Kami perkenalkan hingga ke luar daerah. Tentunya terkoordinasi dengan semua DPC yang ada di daerah lain. Saya sendiri jika butuh produk sepeti beras merah, kopi, sayur dan berbagai produk pertanian perkebunan lainnya,” katanya.

Dikatakan, sektor industri yang digeluti pengusaha perempuan Lombok Utara ini adalah udang tambak yang kini sudah mulai merambah ke luar daerah. Secara kontinyu produk pemasaran udang Lombok Utara ini mulai disediakan pengusaha wanita. Atas keunggulan para perempuan di Lombok Utara, IWAPI Lombok Utara sudah dianugrahkan DPC IWAPI teladan pada saat Rakerda ke II di Mataram beberapa waktu lalu.

Ia berharap pemerintah harus bisa mendukung keberadaan IWAPI Lombok Utara. Dukungan itu bisa diberikan dalam bentuk pendampingan atau program lain. Karena program IWAPI Lombok Utara ini sangat banyak dan bagus. Apabila pengusaha perempuan di Lombok Utara ini bergerak semua melalui program UMKM nya.  “Kami yakin, apabila dilibatkan oleh Pemerintah akan cepat berhasil. Pasalnya, jika pengusaha perempuan bergerak akan lebih teroganisir. Perempuan lebih telaten, lebih disiplin dan penuh perhitungan daripada laki-laki,” tandasnya.

Penekanannya bisa dilakukan oleh pemerintah melalui SKPD, baik soal bantuan pendanaan maupun pendampingan. IWAPI dalam hal ini bisa dikerjasamakan. Karena ada bangak ragam usaha yang dipromosikan oleh IWAPI. “Kedepan IWAPI Lombok Utara akan diberikan pelatihan-pelatihan dalam rangka menggali potensi usaha yang digeluti oleh perempuan-perempuan di Lombok Utara,” katanya.

Sementara itu, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Lombok Utara Nani Triana Cahyani Sarifudin mengatakan, IWAPI adalah salah satu organisasi yang bernaung dibawah GOW. IWAPI adalah 1 dari 16 organisasi yang ikut bergabung di GOW.  “Kita sangat mendukung keberadaan IWAPI di KLU ini. Karena akan membantu meningkatkan prekonomian masyarakat juga. Kita juga membantu mensosialisasikan produk yang dipasarkan IWAPI juga,” ucapnya.

GOW ada koperasi juga yang menyiapkan pendanaan apabila dibutuhkan meski tidak dalam jumlah besar. Karena anggota yang ada di IWAPI juga masuk sebagai anggota GOW. (flo)

BACA JUGA :  Bupati Lombok Utara Lantik Dua Pejabat Eselon IV