Perbaikan Jalan Kota Segera Dieksekusi

SELONG—Tindak lanjut terkait rencana perbaikan sejumlah ruas jalan Kota Selong segera ditindak lanjuti oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lotim. Perbaikan itu sendiri akan dilakukan, mulai dari ruas jalan depan Pos Batu Apung, berlanjut ke Jalan M. Yamin, hingga sampai simpang empat jalan  Ahmad Dahlan, tepat depan pom Bensin Selong. Sejumlah ruas jalan kota itu sebelumnya telah dilakukan perbaikan.

Rencana perbaikan itu sendiri dipastikan dalam waktu dekat akan mulai dilakukan. Bahkan proses tendernya, di ULP sudah selesai. Dan kini pihak ULP tinggal launching untuk menentukan pihak yang memenangkan tender pengerjaannya.

Pengerjaan sejumlah ruas jalan itu diperkirakan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp. 5 miliar, yang digelontorkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang ada di dinas tersebut. “Perbaikan jalan Kota Selong, seperti Jalan M. Yamin kita akan lanjutkan tahun ini. Informasi dari ULP, proses tendernya sudah selesai, tinggal dilaunching saja," jelas Kabid Marga Dinas PU Lotim, Mudahan, kemarin.

Kepastian launching pemenang tender pihaknya belum tau pasti. Karena yang lebih mengetahui terkait masalah itu ialah  pihak ULP. Namun diharapkan, pengumuman pemenang  tender ini bisa segera dilakukan, sehingga tindak lanjut dari perbaikan jalan itu bisa segera dieksekusi. “Kita harap Launchingnya bisa segera dilepas, supaya perbaikannya bisa selesai setelah lebaran," harapnya.

Anggaran perbaikan jalan itu,sepenuhnya untuk perbaikan fisik saja. Sementara untuk marka jalan, itu diluar kewenangan PU, melainkan tanggung jawab pihak Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi ( Dishukominfo). “Kalau Marka jalan bukan kita tidak anggarkan, namun itu Dishukominfo yang punya," jelasnya.

Perbaikan tidak hanya dilakukan terhadap sejumlah ruas jalan tersebut. Melainkan tahun ini pihaknya juga punya program proyek pelebaran sejumlah jalan. Seperti pelebaran jalan Sordang-Korleko, Lendang Beduri-Tanjung, dan pelebaran ruas jalan Gelang-Pancor Manis Batu Belek, Rakam.

Untuk pelebaran jalan Lendang Bedurik – Tanjung dan Gelang – Pancor Manis, sumber anggaranya disiapkan dari dana Dana Alokasi Umum ( DAU). Sementara pelebaran jalan  Sordang – Korleko dianggarkan dari DAK.

“Lendang Beduri- Tanjung luasnya sekitar 11 kilometer. Pelebaranya 14 meter dari sebelumnya 7 meter. Sebagian  dari pelebaran jalan itu sudah mulai dilakukan pembebasan lahan," sebutnya.

Secara umum lanjutnya  jalan di Lotim sebagian besar kondisinya masih stabil. Diperkirakan, sekitar 60 persen jalan tersebut telah di hotmix. Meski demikian, sejumlah ruas jalan yang belum dilakukan perbaikan, ditahun mendatang akan menjadi prioritas. Bahkan ruas jalan yang masih belum tuntas pengerjaaanya  segera akan dilanjutkan ditahun 2017 mendatang. “Tahun ini masih banyak ruasa jalan yang dikerjakan belum tuntas. Tahun mendatang semuanya akan kita tuntaskan," janji Mudahan. (lie)