Perayaan Lebaran Topat Berlangsung Meriah

TANJUNG-Perayaan hari lebaran ketupat tingkat Kabupaten Lombok Utara (KLU) di Pantai Ombak Belek Dusun Lendang Berora Desa Sigar Penjalin Kecamatan Tanjung KLU berlangsung meriah, Rabu (13/7). Terlebih dengan banyaknya atraksi budaya, khususnya dari ribuan peserta lomba dulang pesaji dari lima kecamatan yang melakukan kirab.

Hadir dalam acara ini, Bupati KLU, Najmul Akhyar, Wakil Bupati KLU, Sarifudin, Ketua DPRD KLU, Ni Wayan Sri Pradianti, Sekda KLU, Suardi, Kapolres Persiapan KLU, AKBP Rifai, para pimpinan SKPD Lingkup Pemerintahan KLU, para Kepala Desa dan ratusan tokoh agama dan tokoh masyarakat dari lima kecamatan yang ada.

Kepala Dinas Pariwisata KLU, Muhadi dalam laporannya mengatakan, lebaran ketupat ini dirangkaikan dengan halal bihalal pasca lebaran kemarin. Adapun pendanaannya bersumber dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pariwisata dan Setda KLU. Dalam acara ini pula diserahkan hadiah bagi pemenang lomba pawai takbiran tingkat KLU beberapa waktu lalu. “Selain itu, juga sebagai tanda dimulainya berbagai perlombaan menyambut HUT Lombok Utara yang ke-VIII dan HUT RI yang ke-71,” terangnya.

BACA JUGA :  Kasus Parsel Lebaran Lotim 2014

Bupati KLU, Najmul Akhyar mengatakan, sejatinya event  lebaran ketupat ini tidak lepas dari peristiwa budaya sehingga dalam prosesnya banyak ditampilkan prosesi budaya. “Apa yang sudah dihajatkan ini merupakan wujud kebahagiaan atas kelanjutan bulan puasa Ramadan kemarin,” ujarnya.

Menurut Najmul, budaya memiliki keterkaitan erat dengan pariwisata. Dia berharap agar budaya yang bersanding dengan sektor pariwisata ini bisa ditingkatkan lagi sehingga sektor pariwisata di KLU menjadi unggulan di NTB bahkan di dunia. “Ini adalah langkah kita membuka gerbang pariwisata. Saya berharap event seperti ini bisa diselenggarakan setiap tahun untuk memperkenalkan budaya kepada wisatawan,” jelas pria yang banyak disebut menjadi calon kuat Gubernur NTB 2018-2023 ini.

Dalam kesempatan ini pula, Najmul juga menyampaikan bahwa sebentar lagi akan dihelat perayaan HUT KLU dan HUT RI. Berbagai lomba berbau budaya akan digelar seperti lomba presean, lomba memangkek gangsing dan lomba-lomba lainnya. “Silakan bagi para pemuda yang memangkek , ini kesempatan,” guyon mantan Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini. (zul)