Perayaan HUT Bhayangkara ke-70

MATARAM—Polda NTB menggelar apel Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-70 di lapangan Gajah Mada, Jumat kemarin (1/6).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolda NTB Brigjen Pol Umar Septono. Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat utama Polda NTB serta banyak tamu undangan lainnya.

Dalam usianya yang ke-70, sudah banyak berperan memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam upaya pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat. " Kita semua juga telah menyaksikan berbagai prestasi yang telah diukir oleh Polri dalam mengemban tugas sebagai pemelihara keamanan dalam negeri. Seperti penanganan terorisme, pemberantasan narkoba telah mendapat apresiasi dari pemerintah, masyarakat dan dunia internasional," ujar Kapolda membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo dalam upacara tersebut.

Presiden juga meminta peringatan Hari Bhayangkara tahun ini, bukan sekedar menjadi perayaan. Tapi dapat menjadi momentum untuk refleksi diri guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Polri khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. " Dengan refleksi diri, Polri bisa melihat lagi bukan hanya keberhasilan yang telah dicapai. Namun juga menyadari kelemahan dan kekurangan selama ini sebagai tantangan untuk memperbaiki diri," katanya.

Polri juga kedepannya akan dihadapkan pada tantangan tugas yang semakin berat dan komplek. Ini ditandai dengan persoalan sosial yang semakin dinamis sebagai dampak globalisasi. Situasi keamanan dalam negeri akan semakin diwarnai dengan kejahatan konvensional, transnasional, kejahatan terhadap kekayaan negara dan kejahatan yang berimplikasi kontijensi. " Menghadapi kondisi ini tentunya menuntut Polri untuk dapat bersikap responsif dan peka dengan terus menerus mereformasi diri serta meningkatkan kualitas kinerjanya secara profesional," ungkapnya.

Dalam acara ini, Kapolda juga memberikan penghargaan kepada anggotanya yang berprestasi.(gal)

BACA JUGA :  Rangkaian HUT RI, KONI Gelar Lomba Lari