Perayaan Hari Raya Waisak 2565 BE Berjalan Khidmat di Lombok Utara

KHIDMAT: Pelaksanaan Hari Raya Tri Suci Waisak di Vihara Sutta Dhamma Lenek, Desa Bentek, Kecamatan Gangga, KLU. (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Perayaan Hari Raya Waisak 2565 BE tahun 2021 khidmat, lancar, dan damai di Kabupaten Lombok Utara (KLU), Rabu (26/5). Peringatan hari Tri Suci Waisak dilaksanakan sejumlah vihara di wilayah KLU. “Detik-detik Waisak tepat pada pukul 19.13 Wita. Tri Suci Waisak memperingati tiga peristiwa penting yang pernah dialami oleh guru Budha,” ungkap tokoh Buddha KLU, Romo Sudirsah Sujanto kepada Radar Lombok, kemarin.

Ketiga peristiwa itu, terangnya, antara lain lahirnya Pangeran Sidharta Gautama di taman Lumbini pada 623 SM, Pangeran Sidharta Gautama mencapai penerangan sempurna atau menjadi Budha pada usia 30 tahun pada 588 SM, Buddha Gautama menacapai parinibana atau wafatnya Buddha Gautama di usia 80 tahun pada 543 SM. “Ketiga peristiwa itu tepat terjadi pada bulan purnama sidi di bulan waisaka atau bulan Mei,” terangnya.

Tema Waisak kali ini adalah Eling dan waspada membangun kepedulian sosial. Maksudnya umat Budha diimbau walaupun di masa sulit pandemi Covid-19 ini, umat Budha diminta untuk selalu sadar sebagai makhluk sosial harus menunjukkan kepedulian dan cinta kasihnya pada sesama. Perayaan Waisak kali ini umat Budha masih berada pada masa pandemi Covid-19. “Oleh karena itu saya imbau untuk selalu menjaga kesehatan, mematuhi protokol Covid-19. Selalu menjaga toleransi umat beragama, saling menghormati antar pemeluk agama, dan bisa bekerja sama dengan pemerintah,” imbuh Romo Sudirsah Sujanto.

Tokoh Budha KLU lainnya, Romo Putradi juga menyampaikan, perayaan Waisak 2565 TB/2021 dirayakan di setiap vihara masing-masing sejak pukul 18.00 sampai 20.00 Wita. “Perayaan dirayakan sederhana per vihara. Tidak ada proses seperti tahun-tahun sebelumnya sebelum gempa, dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” terangnya.

Sementara itu, untuk memberikan rasa aman, nyaman dalam pelaksanaan ibadah kepada umat Buddha di KLU, Polres Lombok Utara menerjunkan 80 personel dalam rangka pengamanan peringatan Hari Raya Waisak 2565 Caka/2021 M. “Bersamaan waisak kami telah menggelar dan memerintahkan kepada jajaran untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam ibadah hari waisak. Polanya terbuka dan tertutup. Terbuka itu anggota berseragam Lalin dan Sabhara, yang tertutup Intel dan Reserse,” ungkap Kapolres KLU, AKBP Feri Jaya Satriansyah.

Ia menjelaskan, setiap jajaran dan anggota yang bertugas melaksanakan pengamanan juga diminta mengingatkan umat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Semua ini bertujuan untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan. Petugas bersiaga untuk selalu berkordinasi dengan pihak vihara dalam pelaksanaan ibadah.¬† “Kami juga pesan pada anggota agar keharusan mematuhi protokol kesehatan diterapkan serius. Harapannya,¬†agar tidak menimbulkan klaster baru dalam Hari Raya Waisak ini,” imbuhnya. (flo)