Pepadu se-Lombok Bertarung Peresean di Pandan Indah

Pepadu se-Lombok Bertarung Peresean di Pandan Indah
PERESEAN: Wakil Ketua DPRD Loteng, H Ahmad Ziadi dan Kades Pandan Indah, Anhar Ditya, saat membuka Peresean antar Pepadu se-Pulau Lombok di Desa Pandan Indah, Senin kemarin (9/7). (IST FOR RADAR LOMBOK)

PRAYA—Mempertahankan kearifan budaya lokal, seni ketangkasan Peresean, sekaligus untuk menarik minat para wisatawan berkunjung. Para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna  Desa Pandan Indah, Kecamatan Praya Barat Daya (Prabarda), selama lima hari, 9-13 Juli 2018, menggelar Peresean. Peserta yang mengikuti ajang tersebut tidak hanya bagi para Pepadu (petarung) yang ada di desa itu saja, akan tetapi juga para Pepadu di seluruh Pulau Lombok.

Kegiatan yang berlangsung di Lapangan Dadar Juluq Dusun Kelambi itu, dilaksanakan untuk yang kedua kalinya, dan merupakan program kerja dari lembaga kepemudaan (Karang Taruna) Desa Pandan Indah. Untuk itu, berbagai hadiah juga telah disiapkan bagi para Pepadu yang akan bertarung.

Menurut Pelaksana Kegiatan, Soeharto Aziz, kegiatan Pereresean yang dilakukan oleh para pemuda itu selain untuk mempertahankan kearifan budaya masyarakat yang ada di Lombok, di satu sisi juga sebagai salah satu upaya pemuda untuk menggaet para wisatawan agar bisa datang ke desanya.

“Kegiatan ini sudah dua kali kami lakukan, dan para Pepadu yang akan bertarung datang dari berbagai wilayah di Lombok ini. Kedepan, kami berharap adanya kegiatan ini akan membuat para pemuda bisa lebih berguna untuk memajukan desanya, dan menjadikan desa kami banyak dikunjungi oleh para wisatawan,” harap Soeharto Aziz kepada Radar Lombok, Senin kemarin (9/7).

1
2
3
Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut