Penyeberangan Lembar-Padang Bai Waspadai Cuaca Buruk

Penyeberangan Lembar-Padang Bai Waspadai Cuaca Buruk
PENYEBERANGAN : Suasanya penyeberangan kapal di Pelabuhan Lembar kemarin. (ZUL/RADARLOMBOK)

GIRI MENANG-Gelombang tinggi akibat cuaca buruk diperkirakan masih akan terjadi di jalur penyeberangan Lembar-Padang Bai dalam beberapa hari kedepan. Data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gelombang tinggi di perairan selatan Lombok menuju Bali masih akan terjadi beberapa dalam beberapa hari ke depan.

Pada tanggal 4 Agustus 2017, gelombang tinggi terpantau 3 sampai 3,5 meter. Kemudian pada 5 Agustus 2017 diperkirakan gelombang tinggi antara 3,5 sampai 4 meter. Selanjutnya pada 6 Agustus 2017 diperkirkan gelombang tinggi 3 sampai 3,5 meter, 7 Agustus 2017 diperkirakan gelombang tinggi 2 sampai 2,5 meter.

Menindaklanjuti cuaca buruk dan gelombang tinggi ini, Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Lembar Deni N. Putra mengatakan, sementara kondisi pelabuhan Penyeberangan Lembar- Padang Bai masih dalam kondisi normal. Hanya saja dengan kondisi cuaca buruk yang terjadi belakangan ini mengakibatkan adanya ombak pantai di Pelabuhan Padang Bai, sehinga hanya satu dermaga yang dioperasikan dari dua dermaga yang ada. “Guna menghindari pengapungan yang lama di Pelabuhan Padang Bai dan penumpukan penumpang, kita menyiasati dengan mengatur pola jadwal pemberangkatan dari Lembar maupun Padang Bai.

Tentunya semua itu dilakukan melalui koordinasi dengan semua pihak yang terkait terutama OPP (Otoritas Pelabuhan Penyeberangan) selaku regulator pelabuhan,” bebernya.

Pihaknya tetap harus mewaspadai cuaca belakangan ini yang ekstrim dan sering berubah-ubah dengan terus kordinasi dengan BMKG, KSOP, OPP, kepolisian dan para nakhoda kapal manakala bila tidak memungkinkan dilakukan aktivitas penyeberangan, maka pelabuhan akan diberlakukan pola buka tutup demi keselamatan pengguna jasa.(zul)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid