Penyaluran 80 Ribu Paket Lebaran Lotim Belum Jelas

SELONG—Paket lebaran berupa 80 ribu paket bahan kebutuhan pokok (Sembako) dari Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim untuk masyarakat miskin yang anggarannya bersumber dari APBD, hingga kini masih belum didistribusikan. Padahal, rencananya akan mulai dibagikan pada tanggal 20 sampai 30 Juni lalu. Namun hingga beberapa hari menjelang lebaran, ternyata masih juga tak jelas.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemkab Lotim, Ahmad Subhan saat ditanya wartawan mengatakan, paket tersebut tetap akan disalurkan. “Hanya saja, saat ini ada kendala teknis ditingkat rekanan, sehingga belum bisa disalurkan kepada yang berhak,” katanya kemarin (1/7).

Sebelumnya, dia berharap pendistribusian paket Sembako dapat disalurkan sesuai dengan jadwal. Namun lantaran adanya permasalahan di tingkat rekanan, sehingga sampai saat ini belum bisa dilakukan.

BACA JUGA :  Dandim Berikan Wawasan Kebangsaan Bagi Calon Paskibraka

“Karena ini paket untuk bantuan masyarakat miskin, maka tetap akan dibagikan, meski tidak bisa sesuai dengan harapan penyalurannya, yakni sebelum lebaran. Sehingga meski usai lebaran nanti, bantuan ini tetap akan disalurkan,” jelasnya.

Namun demikian, dia sangat berharap persoalan teknis tersebut segera teratasi, sehingga masyarakat akan segera mendapatkan bantuan tersebut. Berdasarkan data yang diserahkan masing-masing desa ke pemerintah daerah, dalam hal ini ke Bagian Kesra, tercatat sekitar 80 ribu orang masyarakat miskin yang akan menerima paket lebaran berupa Sembako.

Terkait itu, pihaknya hanya bisa berharap pada masyarakat untuk bersabar dan tidak terpancing dengan berbagai isu menyangkut keterlambatan penyaluran bantuan Sembako bagi masyarakat miskin tersebut. (lal)