Penukaran Uang, BI Siapkan Layanan Kas Keliling

Prijono (DOK/RADAR LOMBOK)

MATARAM—Sebagai otoritas sistem pembayaran, dalam kaitannya dengan uang Rupiah sebagai alat pembayaran, Bank Indonesia selalu berusaha memenuhi prinsip Clean Money Policy, yaitu ketersedian nominal uang yang cukup, jenis pecahan yang sesuai, penyediaan uang secara tepat waktu dan dalam kondisi yang layak edar.

Untuk memenuhi prinsip tersebut, sesuai UU No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang, Bank Indonesia menyelenggarakan pelayanan perkasan berupa penerimaan setoran dan penarikan uang, salah satunya pelayanan penukaran uang kepada masyarakat.

Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB, Prijono mengatakan, untuk lebih mendekatkan akses masyarakat terhadap layanan penukaran uang tersebut, Bank Indonesia menyediakan pelayanan kas di luar kantor berupa kas keliling yang berlokasi di pusat-pusat keramaian seperti pasar, pusat perbelanjaan, acara atau event tertentu maupun perguruan tinggi.

Selain itu lanjut Prijono, Bank Indonesia juga menyelenggarakan kegiatan kas keliling di wilayah terpencil dan terdepan Indonesia bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut dan Kementerian atau Badan terkait.

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Barat juga berusaha untuk mempermudah akses layanan kas masyarakat di Pulau Lombok dengan mengadakan Layanan Kas Keliling. Pada bulan Oktober 2016, layanan tersebut dilaksanakan setiap hari Senin, Selasa dan Kamis di beberapa titik keramaian di Pulau Lombok. Bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang, baik uang layak edar maupun uang lusuh, cacat, dan rusak dapat mendatangi Layanan Kas Keliling tersebut.

Layanan kas keliling Bank Indonesia di Pulau Lombok sepanjang bulan Oktober. Keruak – Kab. Lombok Timur, Selasa 4 Oktober Sengkol, Kuta – Kab. Lombok Tengah, Kamis 6 Oktober di Masbagik, Pancor, Selong – Kab. Lombok Timur. Senin10  Oktober Pasar dan Pertokoan ACC, Kebon Roek – Ampenan, Selasa11 Oktober Pasar dan Pertokoan Cakranegara. Kamis13  Oktober di Pasar Karang Jasi dan Mataram Mall.

Senin17  Oktober Kediri, Gerung, Lembar, Sekotong – Kab. Lombok Barat, Selasa18 Oktober Bangsal, Tanjung, Gangga – Kab. Lombok Utara, Kamis 20 Oktober Narmada, Mantang, Kopang, Praya – Kab. Lombok Tengah, Senin24 Oktober Pasar  Pagesangan dan Lombok Epicentrum Mall. Selasa 25 Oktober Pasar dan Pertokoan Cakranegara dan Kamis 27 Oktober Pasar dan Pertokoan Bertais, Lombok City Center.(luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid