Penonton WSBK Belum Ada Pesan Kamar Hotel di Gili

TANJUNG–Pemesanan kamar hotel di Gili menjelang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah pada 11-13 November 2022 masih sepi.  Belum ada tanda-tanda tamu atau penonton WSBK dari luar daerah menginap di Gili, Lombok Utara.

“Tetapi di Kuta juga saja masih sepi. Yang terisi baru oleh kru dan official. Sementara tamu belum ada. Apalagi di daerah kita yang paling jauh. Pengalaman tahun lalu kita nol persen,” ungkap Ketua Gili Hotel Association (GHA) Lalu Kusnawan, Kamis (3/11).

Tahun lalu pihaknya memaklumi hal itu karena memang itu WSBK pertama, yang gaungnya tidak begitu besar. Di mana waktu itu, kamar hotel di Lombok secara umumnya hanya diisi oleh tamu domestik. Terutama dari kementerian terkait.

Baca Juga :  Masyarakat dan Pengusaha Gili Meno Khawatir Krisis Air

Namun pada WSBK kali ini pihaknya berharap tamu yang datang bukan saja dari domestik tetapi juga mancanegara sehingga tingkat pemesanan kamar hotel meningkat di Gili. “Untuk saat ini masih belum ada. Masih kosong,” ucapnya.

Terhadap hal ini, Kusnawan mengharapkan pemerintah pusat meramaikan serta melakukan sosialisasi melalui BUMN, Kementerian Pariwisata, dan kementerian terkait. Jika pemerintah pusat ikut serta meramaikan ia yakin penonton juga akan tertarik dan akhirnya bisa berdampak pada tingkat hunian hotel.

Baca Juga :  Tiga Nama PLT Ketua DPC Demokrat KLU Diajukan

“Kalau kami dari pengusaha hotel sudah banyak yang membuatkan promo. Promo semacam menginap di hotel kemudian include transportasi ke Mandalika. Cuma belum ada yang kena,” ujarnya.

Jika memang tetap tidak ada peningkatan pesanan hotel di Gili, pihaknya tidak bisa memaksakan. Sebab saat MotoGP yang kelasnya lebih elite dari WSBK saja, itu tingkat pemesanan kamar hotel di Gili masih rendah. “Ketika itu ada kamar terisi karena kami beruntung tiket pesawat mahal. Jadi pasca-event itu mereka banyak melalui Gili dan sempat menginap,” pungkasnya. (der)

Komentar Anda