Penonton MotoGP Didominasi dari Dalam Negeri

Antrean penonton menukarkan tiket MotoGP di eks Bandar Selaparang, Rabu (16/3/2022).(doK)

MATARAM—Jelang ajang balap motor dunia MotoGP Indonesia 2022 di sirkuit Mandalika dimulai Jumat (18/3/2022) sampai Minggu (20/3/2022), tiket yang sudah terjual tidak kurang dari 100 ribu lembar.

Direktur Operasional dan Inovasi Bisnis ITDC, Arie Prasetyo mengatakan jumlah penjualan tiket itu berdasarkan data pembelian tiket yang dihimpun sampai H-2 penyelenggaran MotoGP.

Tiket MotoGP hari ketiga sebanyak 63 ribu lembar sudah sold out (habis terjual). Namun tiket hari pertama dan hari kedua tersisa masih cukup banyak. Untuk hari pertama saja masih tersisa sekitar 20 ribuan tiket. Begitu juga untuk hari kedua.

Dari jumlah tiket yang sudah terjual, kata Arie, pembelian tiket didominasi penonton dari dalam negeri. Sedangkan pembelian tiket dari luar negeri dari data pembelian tiket tidak terlalu banyak. Penyebabnya karena adanya aturan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 dan penerbangan dari luar negeri ke Indonesia masih belum banyak. “Penonton dari luar negeri tidak terlalu banyak. Karena terkait dengan prokes dan penerbangan luar negeri belum banyak. Jadi kalau luar negeri yang pasti, 2.500 yang official yang datang. Tapi mereka bukan penonton, mereka official, Kru, pembalap dan lain sebagainya. Semua orang luar negeri dari berbagai warga negara,” katanya.

BACA JUGA :  Polisi Imbau Masyarakat Jangan Percaya Calo CASN

Tapi kalau penonton, sambungnya, bisa dibilang hampir 100 persen dari Indonesia. Bahkan jika merujuk dari data yang dimiliki, penonton yang membeli tiket MotoGP berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Ada dari Aceh, Sumatera Urara, Papua maupun provinsi lainnya. “Tetapi memang yang paling banyak dari pembelian tiket kita, yaitu nomor satu, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta, Bali dan NTB. Sisinya dari provinsi lainnya,” bebernya.

BACA JUGA :  21 Drone Ilegal Dipaksa Turun di Sirkuit Mandalika

Pihak ITDC masih menjual tiket yang belum terjual.
Untuk jenis tiket yang masih tersisa, baik tiket hari pertama maupun hari kedua yakni grandstand dan general admision. “Kita masih punya tiket grandstand ada dua macam kita punya. Ada grandstand premium dan grandstand reguler. Kelas general admision juga masih ada,” sambungnya.

“Untuk pemesanan tiket bisa melalui channel kita yang kemarin, tiket.com dan sebagainya. Di (Mal) Epicentrum juga kita buka (penjualan tiket) secara offline dan bisa beli di Indomaret dan Alfamart,” sebutnya. (sal)