Pengumuman Rekrutmen CPNS Mulai Oktober

Pengumuman Rekrutmen CPNS Mulai Oktober
PENGUMUMAN: Pengumuman rekrutmen CPNS 2019 akan diumumkan bulan Oktober mendatang oleh pemerintah pusat. (Dok/Radar Lombok)

Formasi Masih Menunggu

MATARAM–Kabar gembira bagi pelamar CPNS. Pengumuman rekrutmen dan seleksi CPNS 2019  akan diumumkan Oktober mendatang oleh pemerintah pusat di seluruh Indonesia.

“Untuk pengumuman CPNS 2019 mulai dibuka Oktober mendatang,” ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati, Sabtu (28/9).

Pemerintah pusat sudah mengumumkan rencana rekrutmen tersebut. Dalam rekrutmen itu telah dibuka sebanyak 37. 854 untuk pemerintah pusat. Sementara untuk 467 pemerintah daerah se Indonesia disediakan sebanyak 159.257 formasi. Praktis, total formasi CPNS 2019 sebanyak 197.111 formasi.

Penjelasan ini dikeluarkan setelah petermuan Kemenpan-RB, BKN dengan mengundang seluruh pemerintah daerah se Indonesia. Tahapan rekrutmen CPNS pun sudah diumumkan. Pengumuman rekrutmen CPNS dimulai bulan Oktober dan proses pendaftaran dilaksanakan di bulan November.

Sementara pengumuman hasil seleksi administrasi CPNS diumumkan bulan Desember dan berlanjut ke masa sanggah di bulan Januari. Selanjutnya pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) juga di bulan Januari.

Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD berlangsung di bulan Februari. Sementara pengumuman hasil SKD di bulan Maret lalu berlanjut ke pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) juga di bulan Maret. Tahapan terakhir adalah integrasi nilai SKD dan SKB diumumkan bulan April.

“Itu nanti rencana pelaksanaan rekrutmen dan seleksi CpNS 2019,” kata Nelly.

Sementara untuk jumlah kuota formasi CPNS untuk Kota Mataram belum juga ditentukan oleh pemerintah pusat. Kondisi ini sama dengan wilayah lainnya di Indonesia.

“Belum. Oktober tinggal beberapa hari lagi. Kemungkinan awal bulan Oktober,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Aparatur Kepegawaian BKPSDM Kota Mataram, Ahmad Mujahidin juga membenarkan, pengumuman rekrutmen CPNS 2019 dilaksanakan Oktober mendatang.

Menurutnya, Kota Mataram masih menungu formasi CPNS dari pusat. Sebelumnya, Kota Mataram sudah mengusulkan kebutuhan 600 formasi CPNS. Terdiri dari 300 CPNS dan 300 formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Kalau yang di Jogja kemarin rencana jadwal saja yang sudah dikeluarkan. Pokoknya itu rencana 2019 sampai selesai administrasi dan sanggahan. Tahun 2020 itu seleksinya. Semua daerah belum dikeluarkan formasinya. Yang jelas sudah kita persentasikan tentang kebutuhannya,” kata Mujahidin. (gal)