Pengerjaan Jalan Pasar Mandalika akan Dikebut

RUSAK: Jalan Pasar Mandalika yang rusak parah. Kondisi terlihat parah apabila hujan turun (Fahmy/Radar LomboK)

MATARAM– Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Mataram  memastikan pengerjaan aspal jalan di Pasar Mandalika tuntas di akhir tahun ini. Jalan pasar ini dikerjakan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 99 miliar. Dana ini membiayai 14 paket proyek jalan, diantaranya jalan Pasar Mandalika.

Selain jalan Pasar Mandalika, Dinas PU juga merampungkan perbaikan jalan lingkungan.

Perbaikan jalan di Pasar Mandalika akan dimulai pada bulan ini. Alasannya karena  proses pelelangan baru saja tuntas sehingga pengerjaannya terlambat.” Mudahan tuntas sebelum akhir tahun,” kata Kepala Dinas PU Kota Mataram Mahmudin Tura kemarin.

Khusus untuk jalan di Pasar Mandalika, pengerjaannya diperkirakan tidak membutuhkan waktu lama karena jalan tidak terlalu panjang yakni kurang dari satu kilometer. Pengerjaannya diperkirakan cepat.

Yang masih menjadi kendala saat ini adalah aktivitas pedagang dan pembeli yang keluar masuk pasar. Sebagaimana diketahui Pasar Mandalika selalu ramai karena menjadi pasar induk. Opsi yang akan dipakai oleh kontraktor adalah mengerjakan perbaikan pada malam hari.” Pengerjaan belum dimulai karena masih ramai pedagang,” jelasnya.

Misalnya, tidak mungkin ada aktivitas pengerjaan jika masih banyak lalu lalang pedagang dan pembeli. Jalan ini nanti akan menyentuh juga areal Pasar Selak yang berada di sebelah selatan Pasar Mandalika.

Dijelaskan Mahmudin, dana DAK untuk peningkatan jalan ini sudah dialihkan dan dibuat menjadi 14 paket yang  tersebar di seluruh kecamatan. Dari 14  paket 1 satu paket pekerjaan yang gagal tender,  karena saat tender hanya ada dua yang menawar, tetapi perusahaan yang mengajukan penawaran ternyata tidak memenuhi syarat sehingga harus dilakukan tender ulang.

Ia menyampaikan kemarin sudah dilakukan evaluasi ulang dan sudah masuk penawaran ulang. 13 paket tender yang sudah tuntas itu selesai pada tanggal 1 November. Sedangkan untuk sisa yang 1 paket ini diperkirakan selesai pada tanggal 15 November nanti.” Beda  15 hari dari 13 paket yang kemarin,” jelasnya.

Ia memastikan pengerjaan 14 paket proyek ini selesai pada bulan Desember.” Insya Allah bulan Desember nanti selesai,” tegasnya.

Sementara  itu untuk penataan Pasar Mandalika sendiri dipastikan tidak bisa tuntas  tahun ini karena kekurangan dana di Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid