Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran, Ini Resep Bang Zul

Pengentasan Kemiskinan dan Pengangguran, Ini Resep Bang Zul
Dr. H. Zulkieflimansyah berdialog dengan sejumlah pengusaha lokal, akhir pekan kemarin.

GIRI MENANG – Muncul dengan jargon “Hadir untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran”, calon Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah mengatakan modal utama, atau disebutnya mesin untuk pembangunan ekonomi di NTB adalah dunia usaha.

“Di zaman ekonomi terbuka saat ini, termasuk MEA itu punya satu prasyarat bahwa engine of economic growth, mesin ekonomi itu adalah dunia usaha. Tugas pemerintah adalah steering the wheel seperti kendalikan kemudi,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Sehingga menurut tokoh yang akrab disapa Bang Zul ini, mesin ekonomi NTB sebenarnya tidak bergantung pada siapa gubernur atau bupatinya. Melainkan, bagaimana dunia usaha mampu beroperasi di di NTB. Untuk itu, tugas pemerintah dalam era ekonomi terbuka sekarang ini tidaklah menempati poros yang begitu penting.

“Asal dia nggak ngerecokin pengusaha saja sudah bagus. Nah ini paradigma yang harus betul-betul diresapi, jangan sampai jadi pemerintah seperti penguasa. Bukan kalau minta izin dipersusah, ada kesalahan sedikit diinjek kakinya, disuap baru bisa keluar uangnya. Nah ini yang nggak boleh,” lontarnya.