Pengawas Sekolah Minta Kepsek Definitif Segera Dilantik

Cahyo Wirawan (ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Hampir 2 tahun berjalan pengawas di Kota Mataram mempunyai tugas ganda.

Pasalnya, selain menjadi pengawas sekolah, juga merangkap sebagai pelaksana tugas (plt) kepala sekolah, baik di jenjang SD maupun SMP di Kota Mataram. “Kita sebagai pengawas tidak maksimal melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) pengawas untuk mendamping sekolah binaan. Begitu juga ketidak optimalan kita untuk mengelola sekolah yang diberikan tanggungjawab sebagai Plt sekolah,” kata Pengawas Sekolah sekaligus merangkap sebagai Plt Kepala SDN 23 Cakranegara Cahyo Wirawan belum lama ini.

Dikatakannya, pada semester genap tahun 2022 ini idealnya satuan pendidikan di kelola langsung oleh kepala sekolah definitif. Hal ini menjadi harapan semua pengawas yang menjadi Plt kepala sekolah agar kepala sekolah definitif dilantik. Menurutnya, jika sudah ada kepala sekolah definitif, tentu akan lebih optimal mengelola pendidikan yang dipimpin. Begitu juga dengan pengawas sekolah akan maksimal untuk membina guru, sekolah. “Jadi mereka bisa berinovasi, berkreasi. Apalagi calon kepsek ini sudah lulus pelatihan nasional 300 jam, sehingga mempunyai kompetensi yang teruji,” katanya.

BACA JUGA :  Sekolah Dilarang Adakan Pelesir Saat Perpisahan Siswa

Dikatakan Cahyo, sebagai pengelola dunia pendidikan, memang rumit dan dinamis. Bahkan dalam kurun waktu pandemi pertama dan tahun kedua itu dibarengi kepala sekolah yang pensiun. Dalam aturan bahwa persyaratan yang menjadi calon kepsek yang lulus melalui pelatihan dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS) Solo. “Kita bisa mengerti kenapa pengangkatan agak terlambat karena perosesnya panjang,” ujarnya.

Untuk calon kepala sekolah (Cakep) yang baru sertifikat lulus dari LPPKSPS Solo baru diterima awal Januari 2022 ini. Jadi secara resmi mereka sudah memiliki legalitas formal untuk menduduki jabatan kepala sekolah, karena memiliki sertifikat nasional yang ada NIK.

BACA JUGA :  Kuliah Kedokteran dan Farmasi di Unram Lewat Jalur Mandiri, Ini Biayanya

“Pada intinya, sudah siap ditempatkan dimanapun. Makanya kita berharap Januari ini bisa dilantik,” harapnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Mataram bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram serta Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) NTB telah menyelsaikan peroses In Services Training (IST) 2 pendidikan dan pelatihan (Diklat) Calon Kepala Sekolah Jenjang SD dan SMP Kota Mataram tanggal 24 Desember 2021.

Diklat IST 2 ini merupakan tahapan akhir dari seluruh rangkaian kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah Kota Mataram Tahun 2021 yang diikuti oleh 48 peserta yang dinyatakan lulus tes subtansi kemudian melanjutkan Diklat IST 2. (adi)