Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Ditarget Selesai 10 Maret 2022

Priandhi Satria (M Haeruddin/Radar Lombok)

PRAYA — Pengaspalan ulang lintasan sirkuit Mandalika jelang perhelatan MotoGP tanggal 18-20 Maret 2022 mulai dilakukan.

Pengaspalan ulang dipastikan akan rampung pada pertengahan Maret mendatang. Pasalnya saat ini, pengaspalan ulang ini sudah masuk tahap pengelupasan dan pembersihan lapisan aspal eksisting.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria menegaskan, pihak MGPA bersama dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bertekad untuk merampungkan persiapan perhelatan MotoGP 2022 yang tinggal beberapa minggu lagi. Penyempurnaan lintasan dan berbagai fasilitas pendukung sirkuit menjadi fokus utama yang ditargetkan dapat selesai semua pada 16 Maret ini.

BACA JUGA :  Nyawa Anak Terancam, Minta Darah, Ditolak UTD Loteng

“Kami dan tim di lapangan sangat optimis perbaikan lintasan bisa selesai pada 10 Maret dan dipastikan sesuai dengan spesifikasi dari Dorna Sports dan FIM,” ungkap Priandhi Satria.

Pihaknya menjelaskan mengenai pengerjaan pengaspalan ulang lintasan dengan total panjang 1,2 Km. Proses ini sudah dimulai dengan pengelupasan dan pembersihan lapisan aspal eksisting. Berbagai simulasi juga mulai dilakukan untuk mendapatkan komposisi yang paling tepat dan kuat. Kemudian pemasangan aspal yang baru akan dimulai pada 4-8 Maret 2022 mendatang. “Kami bersama Roadgrip Motorsport Indonesia (RMI) dan PT PP (Persero) berkomitmen untuk melaksanakan pekerjaan ini sebaik mungkin,”tegasnya.

BACA JUGA :  BPKP Ganjal Berkas Proyek RPH

Sirkuit Mandalika belum lama ini menjadi tuan rumah untuk tes pramusim MotoGP 2022 pada 11-13 Februari lalu. Selama tiga hari tes tersebut, banyak masukan yang diberikan pembalap MotoGP terhadap Sirkuit Mandalika. Mulai dari lintasan kotor hingga aspalnya juga dinilai mudah terkelupas sehingga menciptakan kerikil yang membahayakan keselamatan pembalap.
Hasilnya, Sirkuit Mandalika pun diaspal ulang guna kenyamanan dan keselamatan para pembalap. (met)