Penganugerahan Trisakti Tourism Award 2019, Lombok Jadi Sorotan

TRISAKTI AWARD: Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif PDIP NTB, Lalu Chandra Yudistira, ketika menghadiri malam penganugerahan Trisakti Tourism Award 2019, di Hotel Grand Sahid Jakarta, Minggu malam (22/12/2019). (poci for radarlombok.co.id)

MATARAM—Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), khususnya pulau Lombok, yang pengembangan salah satu destinasinya, yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), masuk dalam program super prioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar) RI, mendapatkan sambutan yang sangat meriah pada saat pelaksanaan Rapat Koordinator Bidang (Rakorbid) PDIP di Hotel Grand Sahid Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Demikian pula pada malam harinya, ketika berlangsung penganugerahan Trisakti Tourism Award, pulau Lombok juga menjadi sorotan para pelaku usaha wisata, maupun para tamu undangan yang hadir. “Bahkan gong dari kegiatan itu adalah Lombok, yang saat ini sedang dibangun Sirkuit MotoGP di KEK Mandalika, untuk ajang balap MotoGP 2021 mendatang,” kata Lalu Chandra Yudistira, Wakil Ketua Bidang Pariwisata dan Industri Kreatif PDIP NTB, kepada radarlombok.co.id, Minggu malam (22/12/2019).

Artinya, sambung Poci, sapaan akrabnya, peluang-peluang ini akan membuat sektor kepariwisataan NTB tumbuh pesat, dan bisa menjadi provinsi yang mandiri. Terlebih lagi Kabupaten Lombok Tengah yang mendapatkan efek dari program pemerintah pusat tersebut.

“Namum catatannya, program ini akan berjalan dengan baik, apabila Pemda juga bisa jeli melihat peluang ini. Dan bukan hanya sekedar bicara ingin mendukung pariwisatanya, namun Pemda juga harus mendorong dengan bantuan logistik yang kuat dari APBD untuk menunjang program-program pusat yang akan turun ke daerah,” ujar Poci.

Disampaikan Poci, ajang Trisakti Tourism Award sendiri diprakarsai oleh Yayasan Kusuma Pertiwi, yang didukung oleh Majalah Destinasi Indonesia. Tujuannya, mendorong pemerintah daerah memajukan sektor pariwisata di daerahnya, dengan memberikan penghargaan bagi pemerintah kabupaten dan kota yang berkomitmen dalam pembangunan kepariwisataan. Sasarannya, menjadikan sektor pariwisata sebagai program unggulan daerah, yang berimplikasi pada peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor pariwisata.

Malam penganugerahan Trisakti Tourism Award dihadiri oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, dan juga Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama.

“Adapun kategori yang dilombakan adalah Wisata Bahari, Ekowisata, Wisata Petualang, Wisata Warisan Budaya dan Sejarah, serta wisata kuliner dan belanja,” jelas Poci yang pada kesempatan itu mewakili Lombok Tengah.

Pada kesempatan itu, Presiden RI ke 5, Megawati Soekarnoputri memberikan penghargaan Trisakti Tourism Award 2019 untuk kategori Ekowisata, dimana untuk Juara I diraih oleh Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur), Juara 2 Kabupaten Kulonprogo (Yogyakarta), dan Juara 3 Kota Batu (Jawa Timur).

“Trisakti Tourism Award 2019 juga dimeriahkan acara pameran, bertajuk Destinasi Indonesia Expo, yang diharapkan bisa berperan sebagai media untuk memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia kepada masyarakat,” pungkas Poci. (gt)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid