Pengangguran Terbuka Berhasil Ditekan

NTB Terima 11 Penghargaan Pada Tahun 2016
PENYERAHAN LKPJ : Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi menyerahkan LKPJ tahun anggaran 2016 pada ketua DPRD NTB Hj Baiq Isvie Rupaedah, Jumat kemarin (7/4). (AZWAR ZAMHURI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi  bersama Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin menyampaikan   Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) akhir tahun anggaran 2016 pada rapat paripurna  di gedung DPRD NTB, Jumat kemarin   (7/4).

Dalam kesempatan tersebut, gubernur memaparkan berbagai pencapaian dan keberhasilan yang telah diraih selama tahun 2016. Tahun 2016, menurut gubernur menjadi sebuah masa  yang menggembirakan. Apalagi pertumbuhan ekonomi diikuti dengan pertumbuhan kesejahteraan masyarakat. Hal itu terbukti dengan pengangguran yang semakin berkurang.

Pada tahun 2015, tingkat pengangguran terbuka sebanyak 5,69 persen. Kemudian tahun 2016 dapat diturunkan menjadi 3,94 persen dan melampaui target yang ditetapkan oleh Pemprov NTB sebesar 4,43 persen.

Bidang kesehatan juga cukup memuaskan. pemerintah daerah berhasil mencatat  cakupan persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan profesional mencapai angka 95 persen. Hal itulah yang membuat angka kematian ibu dan  kematian anak menurun. “Termasuk  juga cakupan imunisasi  lengkap yang semakin meningkat, sehingga mempengaruhi peningkatan angka harapan hidup masyarakat NTB,” katanya memberikan pidato pengantar, kemarin.

[postingan number=5 tag=”penghargaan”]

Demikian juga dibidang pendidikan, gubernur mengklaim berhasil mendorong peningkatan  angka partisipasi sekolah. Apabila semua itu terus dijaga dan bisa ditingkatkan, maka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTB bisa lebih baik lagi.

Gubernur lalu membeberkan sejumlah penghargaan yang diterima selama tahun 2016. “Pada kesempatan ini, kiranya perlu saya sampaikan penghargaan-penghargaan yang kita terima pada tahun 2016, sebagai motivasi untuk terus memberikan persembahan terbaik bagi pembangunan daerah,” katanya.

Disampaikan gubernur, berbagai penghargaan yang telah diraih yaitu Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2016 dari Kementerian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) atas inovasi temukan arsip dalam waktu 3 menit.

Kemudian penghargaan Top Eksekutif Muslim 2016 dari Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI), penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2016 dalam ajang pemilihan Top BUMN 2016. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh majalah Bussiness News Indonesia yang berkerja sama dengan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKSI).

NTB juga menerima penghargaan “Tangguh Award” tahun 2016 kategori pengelola data bencana dan pusat pengendalian operasional (pusdalops) terbaik. “Penghargaan tersebut diberikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi NTB,” ucap gubernur.

Berikutnya gubernur menyampaikan juga penghargaan yang didapat seperti National Procurement Award tahun 2016. Penghargaan itu dari Lembaga Kebijakan Barang Dan Jasa Pemerintah (LKPP), dengan kategori peran Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Pemprov NTB.

Kemudian penghargaan-penghargaan lainnya, gubernur didaulat sebagai kepala daerah yang memberikan peran besar dalam pembinaan Teknologi Tepat Guna (TTG).

Gubernur juga menerima Anugerah Ki Hajar sebagai kepala daerah berprestasi di dalam memajukan pendidikan  di daerahnya, melalui peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK). “Ada juga penghargaan Satya Lencana Aditiya Karya Mahatva  Yodha sebagai pembina umum Karang Taruna Provinsi terbaik tahun 2016,” lanjutnya.

Tidak itu saja, NTB juga telah mendapat penghargaan Bhumandala Award yang diberikan oleh Badan Informasi Geospasial kepada instansi yang telah  berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan informasi geospasial. Kemudian NTB Provinsi NTB terpilih sebagai terbaik I pada kategori Laju Pencapaian MDGs selama tahun 2012-2014.

Ditambahkan gubernur, NTB sekaligus menjadi Terbaik III pada kategori pencapaian indikator MDGs terbanyak selama tahun 2012-2014. “Ini merupakan hasil koordinasi dengan seluruh SKPD lingkup Pemprov NTB. Dan penghargaan terakhir yaitu Opini WTP dari BPK-RI 4 kali berturut-turut,” tandasnya.

Bagi gubernur, semua prestasi tersebut tidak lepas dari kerja sama semua pihak. Hal itulah yang membuatnya menyampaikan terimakasih kepada DPRD NTB, seluruh jajaran pemerintahan kabupaten/kota, instansi pemerintah pusat yang ada di daerah dan masyarakat NTB atas dukungan yang diberikan selama ini. “Saya mengajak kita semua untuk senantiasa memberikan perkhidmatan terbaik bagi daerah yang kita cintai ini,” himbaunya. (zwr)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid